x

Marhaban ya Ramadhan, Warga Desa Braja Sakti Sambut Bulan Suci Dengan Keliling Dusun

waktu baca 2 menit
Minggu, 24 Mar 2024 11:45 0 69 Redaksi Liputan 86

 

LAMPUNG TIMUR,L86NEWS.COM-Menyambut Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri, masyarakat Desa Braja Sakti, Kecamatan Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur merayakannya dengan meriah. Cara penyambutannya pun unik, dengan semua rumah memasang lampu hias.

Kepala Desa Braja, Indah Edy Sumantri, bersama pamong desa, melakukan buka bersama di kediamannya, yang kemudian dilanjutkan dengan keliling dusun menggunakan kendaraan mobil pickup dan sepeda motor pada Sabtu (24/3/2024).

Tujuan dari keliling dusun adalah untuk menikmati malam Ramadhan di Desa Braja Sakti, yang gemerlap dengan ribuan lampu hias.

Setiap rumah memasang lampu hias tepat di depannya dengan beragam bentuk, menambah keindahan di tengah malam Ramadhan.

Di samping gemerlap lampu, suara tadarus bersahutan dari setiap mushola yang ada. Beberapa remaja terlihat keliling dengan sepeda motor bersama rombongan, menikmati suasana indah malam Minggu itu (23/3/2024).

Kepala Desa Braja Sakti, Edy Sumantri, menyatakan bahwa pemasangan lampu Penjor atau lampu hias dilakukan atas inisiatif masyarakat tanpa adanya paksaan dari pemerintah desa. Bahkan, masyarakat menggunakan biaya sendiri untuk memasang lampu hias tersebut.

“Awalnya kami hanya berdiskusi ringan bersama kawan kepala dusun dan tokoh masyarakat tentang cara menyambut Ramadhan dengan sederhana namun indah. Setelah ada usulan untuk membuat lampu hias, ternyata masyarakat sangat antusias memasangnya masing-masing,” kata Edy Sumantri.

Edy Sumantri juga menjelaskan bahwa pemasangan lampu hias tersebut akan berlangsung hingga Idul Fitri, dan pada hari tersebut, warga akan menambahnya dengan pemasangan umbul-umbul di depan rumah masing-masing.

Dengan melihat kesatuan dan kompaknya masyarakat, Edy Sumantri merasa bahwa dirinya benar-benar diterima oleh masyarakat luas, khususnya di Desa Braja Sakti.

“Alhamdulillah, saya baru memimpin desa ini hitungan bulan, namun masyarakat kami selalu menerima dan kompak dalam menerima serta mendukung usulan program yang dinilai membangun kemajuan desa,” jelas Edy Sumantri.

Pewarta: Ibrahim Sofyan


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x