x

Bambang Purwanto Sosialisasikan 4 Pilar Kebhinekaan di Desa Batu Belaman, Kalimantan Tengah

waktu baca 2 menit
Selasa, 5 Mar 2024 14:35 0 25 Redaksi Liputan 86

KOTAWARINGIN BARAT, L86News.com – Bambang Purwanto, anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Kalimantan Tengah, menggelar kegiatan sosialisasi Empat Pilar Kebhinekaan di Aula Desa Batu Belaman, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat.

Bambang Purwanto menjelaskan jika kegiatan ini diikuti oleh kelompok tani dan masyarakat sekitar, dan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI, yang mana diselenggarakan pada hari Rabu, 24 Januari 2024.

“Kita ingin membangun kesadaran yang kolektif, mendorong partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat, terutama dalam menjaga dan memperkuat kebhinekaan. Kita ingin bersama-sama merawat dan menjaga nilai-nilai toleransi, kerukunan, dan persatuan, yang mana menjadi modal utama dalam pembangunan nasional,” ujar Bambang Purwanto.

Diketahui kegiatan sosialisasi ini juga mendapatkan sambutan yang positif dari para peserta dan masyarakat di sekitar lokasi kegiatan. Rangkaian sosialisasi dimulai dengan sambutan, menyanyikan lagu kebangsaan, dan do’a bersama. Kemudian acara dilanjutkan dengan presentasi singkat tentang tema yang diangkat, dilanjutkan dengan diskusi interaktif yang melibatkan narasumber dari berbagai latar belakang.

Workshop mengenai strategi promosi kebhinekaan dan pertunjukan seni budaya dari berbagai etnis dan agama juga menjadi bagian dari kegiatan ini. Menjadikan acara sosialisasi kali ini menjadi lebih hidup dan berisi. Karena para peserta bukan hanya diberikan kesempatan untuk bertanya, namun juga diperbolehkan untuk berbagi pengalaman, dan memberikan masukan terkait topik kebhinekaan yang sedang didiskusikan.

Disisi lain, Bambang Purwanto menambahkan jika kegiatan kali ini diharapkan bukan hanya dapat meningkatkan pemahaman tentang pentingnya menjaga kerukunan, namun diharapkan juga dapat menjalin hubungan kerjasama antar komunitas dan lembaga dalam mendukung keragaman budaya, dan memperkuat kebhinekaan yang ada.

“Saya berharap, semangat kebhinekaan yang kita perjuangkan hari ini akan terus hidup dan menyala. Menjadi pilar-pilar yang turut berperan aktif dalam membangun bangsa Indonesia yang bukan hanya maju dan sejahtera, tapi juga harmonis, adil, makmur, dan berbahagia,” tutup Bambang Purwanto.

Reporter: Aris Kurnia Hikmawan


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x