Buka Musrenbang di Penengahan, Nanang Ermanto Tekankan Usulan Prioritas di Perkuat

waktu baca 3 menit
Selasa, 30 Jan 2024 07:00 0 34 Redaksi

LAMPUNG SELATAN, L86News.com – Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto secara resmi membuka Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam) Penengahan tahun 2025 dengan tema Pembangunan Inklusif Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.

Acara berlangsung di lapangan Kembar Intan Dusun Banyu Urip Desa Kuripan Kecamatan Penengahan Lamsel. Dihadiri Bupati, Sekda dan Pimpinan OPD, kepala Bulog, Ketua Baznar, Camat, KUPTD, Tokoh Adat, Para Kades dan Perangkat serta undangan, Senin 29 Januari 2024.

Diawal acara, Bupati dan para hadirin disuguhkan penampilan tari tradisional lampung tari setiakh yang ditampilkan oleh penari sanggar raden intan Desa Kuripan.

Pada acara Musrenbangcam kali ini, Camat Penengahan, Jailani menyampai kan sejumlah usulan untuk tahun 2025, di bidang infrastruktur seperti jalan hotmik dan rabat. Peningkatan jalan sampai rabat beton, pembangunan drainase da talud lanjutan ruas jalan Pasuruhan-Gandri. Peningkatan sampai dengan hotmik lanjutan ruas jalan Desa Kuripan-Klaten. Peningkatan sampai dengan rabat beton, dranase dan talud lanjutan ruas jalan Desa Taman Baru menuju Desa Padan.

Kemudian, peningkatan sampai dengan rabat beton, pembangunan gorong, talud lanjutan ruas jalan Desa Banjarmasin, Desa Way Kalam, Desa Padan dan Desa Rawi. Peningkatan jalan sampai dengan hotmik ruas jalan lingkar Desa Banjarmasin, Desa Way Kalam, Desa Pandan, Desa Rawi, jalan lingkungan Dusun Pasuruhan Atas lingkungan Puskesmas Kecamatan Penengahan.

Selanjutnya, usulan di bidang ekonomi dan perikanan rencana kegiatan tahun 2024 : 1.sarana budidaya ikan gurame pokdakan bebok beguna di Desa Kampung Baru. Bedah unit pembenihan rakyat (UPR) ikan koi Desa Ruang Tengah. E-pokir tahun 2025 : 1 penyedian induk ikan lele, gurame dan ikan nila yang unggul dan bersertifikat. Bedah UPR budidaya ikan gurame, lele dan bawal, alat pembuat pakan ikan, alat pembuat olahan ikan, kerupuk dan bakso ikan. Sarana budidaya magot, akses permodalan perikanan, pelatihan teknis budaya ikan air tawar.

Dibidang pertanian dan perkebunan yaitu usulan pembangunan jalan usaha tani Desa Kuripan menuju Desa Ruang Tengah dan Desa Gedung Harta. Pembangunan jalan usaha tani perkebunan di Desa Kuripan, Kekiling, Sukabaru dan Desa Pisang.

Pembangunan jalan usaha tani holtikultura di Desa Sukabaru. Rehab jaringan irigasi tersier di Desa Ruang Tengah, Kuripan dan Desa Pisang. Konseler di Desa Tanjung Heran. Power treser di Desa Kekiling, Ruang Tengah dan Desa.

Pengadaan hand traktor di Desa Tetaan, Banjarmasin, Gedung Harta dan Penengahan. Pengadaan alkon di Desa Ruang Tengah, Kekiling, Kelau dan Desa Sukabaru. Pengadaan kultivator di Desa Tanjung Heran dan Sukabaru. Pengadaan sumur bor di Desa Kuripan, Sukaja, Gayam dan Sukabaru.

“Usulan pembangunan jembatan kantor dan usaha pertanian di Desa Pasuruhan dan Sukabaru. Usulan pengerasan jalan produksi dan pemberian bantuan ternak kambing pada kelompok mekar sari Desa Pasuruhan. Dibidang pemerintahan, rehab puskesmas pembantu di Desa Gayam, Kekiling dan Desa Gandri. Pengadaan Pustu Kit untuk Pustu se-Kecamatan Penengahan,”urai Jaelani.

Menanggapi usulan kecamatan penengahan, Bupati Nanang mengatakan semua usulan yang prioritas harus diperkuat di parlemen dan harus masuk di data E-planing.

“Saat Musrenbang ini, mana usulan yang prioritas. Usulan-usulan seluruh elemen masyarakat dan itu pada acara musrenbang hari ini di perkuat. Mana yang prioritas terutama di tahun 2025 mendatang. Tadi Pak Camat telah memaparkan usulan-usulan untuk tahun 2025,” terang Bupati Nanang.

Dalam perencanaan ini, Kata Bupati Nanang, harus melihat potensi-potensi yang ada seperti potensi alam (wisata) dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Bagaimana potensi wisata dan UMKM ini kita branding cara pemasarannya. Ditambah lagi, infrastruktur jalan untuk membranding sehingga orang datang. Artinya Pak Camat, jangan 75 persen PBB nya. Kalau ingin pembangunan pembagunan baik, yang bagus kita berupaya bagaiman PBB nya 100 persen,”tegas Bupati Nanang.

Reporter : Nes

LAINNYA