x

Bersama Ketua TP PKK, Bupati Way Kanan Buka Peringatan HKN Ke-59

waktu baca 3 menit
Sabtu, 20 Jan 2024 20:59 0 7 Redaksi Liputan86

WAY KANAN, L86News.com – Pemerintah Kabupaten Way Kanan memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-59 Tingkat Kabupaten Th 2023. Acara di buka dan di hadiri Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M, bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Ny. Hj. Dessy Afriyanti Adipati di Lapangan Kampung Argomulyo, Banjit, Kamis (07/12/2023).

Dalam sambutannya, Bupati Raden Adipati Surya mengatakan bahwa Tranformasi kesehatan adalah tonggak penting dalam sejarah perjalanan Bangsa Indonesia menuju bangsa yang maju, tidak hanya di kota besar, transformasi kesehatan juga harus menjangkau Kabupaten tidak terkecuali Kabupaten Way Kanan.

“Tidak lupa Saya mengajak seluruh masyarakat untuk turut membangun kesehatan, dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar kita. Mari kita bangun bersama tubuh dan jiwa yang sehat dan kuat demi Indonesia Emas 2045,” ujarnya

Bupati juga menyampaikan Bahwa dalam transformasi menjadi enam pilar utama yang akan membentuk pondasi kuat, Tranformasi pertama yaitu layanan primer dimana sekarang beralih untuk fokus dari mengobati menjadi pencegahan dimana pelayanan primer harus memberi akses layanan kesehatan dasar kepada seluruh masyarakat, dengan mengedepankan layanan promotif dan preventif berdasarkan siklus hidup manusia.

“Transformasi yang kedua ialah layanan rujukan dari yang semula akses layanan kesehatan yang susah menjadi mudah, melalui pemenuhan infrastruktur, SDM, sarana prasarana, pemanfaatan telemedisin, pengembangan jejaring layanan prioritas, dan pelayanan unggulan berstandar internasional,” ucapnya

Sedangkan transformasi ketiga ialah sistem ketahanan kesehatan, dimana dulu industry kesehatan bergantung dengan luar negeri menjadi mandiri di dalam negeri melalui penguatan ketahanan kefarmasian dan alat kesehatan harus dilakukan mulai dari rantai pasok dari hulu hingga ke hilir, prioritas penggunaan produk dalam negeri.

Selanjutnya, pada Transformasi keempat terdapat pembiayaan kesehatan dari pembiayaan yang tidak efisien menjadi transparan dan efektif melalui Rencana Induk Bidang Kesehatan (RIBK) agar upaya-upaya pembangunan kesehatan yang dilakukan menjadi sinkron, selaras, dan sinergis di seluruh Indonesia.

Pada Transformasi kelima terdapat transformasi SDM Kesehatan dari tenaga kesehatan yang kurang menjadi cukup dan merata dimulai dari ketersediaan dokter spesialis, dokter dan tenaga kesehatan prioritas yang merata disetiap fasilitas kesehatan.

“Serta pada Transformasi keenam ialah transformasi teknologi kesehatan dimulai dari sistem yang dulu informasi terfregmentasi menjadi terintegrasi,” pungkasnya

Turut hadir Ketua Dharma Wanita Persatuan, Ny. Vorian Melita Saipul, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Inspektorat Daerah Kabupaten, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung.

Hadir pula Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Sosial, Dinas Ketahanan Pangan, Badan Pengenlolaan Keuangan dan Aset Daerah, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Satuan Polisi Pamong Praja, Bagian Hukum, Bagian Kesejahteraan Rakyat dan Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab, RSUD Zainal Abidin Pagar Alam, dan Pimpinan Kecamatan Banjit.

Reporter : Zal


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

LAINNYA
x
x

Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca