x

Bambang Purwanto Minta Pemerintah Lebih Serius Perhatikan Para Petani Yang Gagal Panen Akibat El Nino

waktu baca 1 menit
Rabu, 17 Jan 2024 21:40 0 22 Redaksi Liputan 86

JAKARTA, L86News.com – Bambang Purwanto, anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Kalimantan Tengah, mendesak pemerintah agar lebih serius dalam memperhatikan nasib para petani yang menghadapi gagal panen akibat fenomena El Nino.

Bambang Purwanto menjelaskan jika perubahan pola cuaca yang ekstrem akhir-akhir ini, telah menyebabkan banyak bencana alam, mulai dari kekeringan yang berkepanjangan, sampai curah hujan yang tinggi hingga menimbulkan banjir di sejumlah wilayah.

“El Nino itu salah satu iklim periodik, dimana ada kenaikan suhu yang abnormal. Meskipun sekarang memasuki musim hujan, tapi El Nino diperkirakan akan tetap terjadi sampai bulan April nanti. Ini masalah yang serius, dan harus ada jaminan atau bantuan untuk mengurangi beban para petani,” ujarnya pada Rabu, 17 Januari 2024.

Bambang Purwanto menegaskan jika diperlukan sinergitas yang baik antar pemerintah dan lembaga terkait, terutama dalam melindungi dan meningkatkan kesejahteraan para petani.

“Perlu ada rencana yang matang dan terukur, karena bantuan yang ada selama ini, ternyata masih belum cukup efektif dan maksimal dalam membantu para petani. Perlu evaluasi dan terobosan baru, terutama dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas pertanian dalam negeri, tanpa melupakan kesejahteraan para petani,” tutupnya.

Reporter: Aris Kurnia Hikmawan


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x