x

Jadi Masalah Tahunan, Bambang Purwanto Minta Pemerintah Fokus Atasi Banjir di Kalimantan Tengah

waktu baca 1 menit
Selasa, 9 Jan 2024 21:38 0 21 Redaksi Liputan 86

 

JAKARTA, L86News.com – Bambang Purwanto, anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Kalimantan Tengah, meminta kepada pemerintah agar segera menangani permasalahan banjir yang semakin meluas di Kalimantan Tengah.

Bambang Purwanto menjelaskan jika banjir yang awalnya hanya melanda Kabupaten Barito Selatan dan Murung Raya, kini meluas hingga ke Kabupaten Sukamara dan Lamandau, yang diduga terjadi akibat kondisi cuaca ekstrem dan alih fungsi lahan.

“Persoalan banjir yang terus berulang, membutuhkan perhatian serius dari pemerintah. Penanganan banjir juga bukan tanggung jawab tunggal pemerintah daerah, melainkan menjadi tanggung jawab kita bersama,” ujarnya pada Selasa, 9 Januari 2024.

Bambang Purwanto menegaskan jika diperlukan pendekatan yang holistik, kolaborasi lintas sektor, dan perumusan solusi yang berkelanjutan untuk mengatasi persoalan banjir, dan potensi bencana alam lainnya di Kalimantan Tengah.

“Dalam mengantisipasi bencana alam, terutama banjir, kita perlu teknologi mitigasi dan adaptasi bencana yang modern. Kita juga perlu infrastruktur yang memadai dan memiliki konstruksi yang tahan bencana,” ujarnya.

“Tak lupa juga, pengelolaan sungai yang baik dan tepat, penguatan sistem drainase, dan yang paling penting adalah penegakan supremasi hukum, dan reboisasi hutan yang gundul akibat alih fungsi lahan atau deforestasi yang terjadi, dan saya akan berusaha untuk terus memperjuangkan ini,” tutupnya.

Reporter: Aris Kurnia Hikmawan


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x