Manfaatkan Karnaval Budaya, Panwaslu Bandar Sribhawono Sosialisasi Tahapan Pemilu

waktu baca 2 menit
Minggu, 26 Nov 2023 12:27 0 43 Redaksi

LAMPUNG TIMUR, L86News.com – Memanfaat kan kemeriahan puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Desa Sadar Sriwijaya ke-70, Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Bandar Sribhawono menggelar sosialisasi Pemilu secara langsung kepada masyarakat.

Selain Ketua Panwaslu Kecamatan, Ismail, SH, sosialisasi yang digelar di sela-sela karnaval budaya di Lapangan Desa Sadar Sriwijaya, Kecamatan Bandar Sribhawono, Lampung Timur itu juga diikuti jajaran PPK, PPS, Panwaslu dan PKD se-kecamatan setempat, Minggu (26/11/2023).

Kepada Liputan86, Ismail mengatakan, selaku pengawas Pemilu pihaknya mempunyai kewajiban untuk melaksanakan pencegahan pelanggaran Pemilu tahun 2024. Dan melalui sosialisasi tersebut diharapkan dapat minimalisir pelanggaran Pemilu. 

“Hari ini, kita bersama PPK, PPS dan PKD memanfaat kan keramaian pengunjung puncak HUT Desa Sadar untuk sosialisai Pemilu 2024. Karena sosialisasi Pemilu merupakan salah satu bentuk tindakan pencegahan terjadi nya kerawanan Pemilu,” ujarnya.

Menurutnya, sosialisasi tersebut berisi penyampaian kepada warga tetkait tahapan Pemilu Tahun 2024 sudah semakin dekat. Yakni tanggal 14 Februari 2024. Masyarakat dihimbau agar menggunakan hak pilihnya pada 14 Februari nanti dan tidak melakukan Golput.

“Selain itu, bagi warga yang belum terdaftar dalam DPT tapi usianya sudah mencapai 17 tahun per 14 Februari 2024 nanti, bisa mendatangi PPS Desa setempat untuk mendaftar kan diri supaya mendapatkan hak pilihnya,” kata Ismail. 

Bagi warga masyarakat pindahan setelah DPT di tetapkan, lanjut Ismail, agar mendatangi PPS/KPU supaya bisa di daftarkan, sehingga tidak kehilangan hak suaranya pada 14 Februari 2024 nanti. 

Sementara, hasil pantauan Liputan86 di lokasi, puncak rangkaian acara HUT Desa Sadar Sriwijaya ke-70 terlihat di padati ribuan pengunjung. Berbagai hiburan, kompetisi olahraga, karnaval budaya hingga arena belanja dan permaian anak tersedia di sana. 

Reporter : Dar86

LAINNYA