x

Buat Gebrakan Besar, Bambang Purwanto Bantu 74 Kelompok Tani di Kotawaringin Timur

waktu baca 2 menit
Kamis, 26 Okt 2023 13:32 0 24 Redaksi Liputan 86

KOTA WARINGIN TIMUR – Bambang Purwanto, anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Kalimantan Tengah, kembali menyerahkan bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) modern secara gratis kepada 74 kelompok tani di Kabupaten Kotawaringin Timur pada Jum’at, 20 Oktober 2023.

Bantuan itu sendiri terdiri dari motor roda tiga sebanyak 3 unit, cultivator 5 unit, hand traktor singkal 6 unit, jalan usaha tani di lima lokasi, hand sprayer elektrik 16 unit, hand traktor rotary 3 unit, pengolahan pupuk organik 6 unit, mesin pompa air 1 unit, alat pengolah pupuk organik 4 unit dan pupuk organik cair 9 unit.

Bukan hanya itu, ada juga bantuan sarana dan prasarana pertanian di bidang hortikultura seperti Pekarangan Pangan Lestari atau P2L sebanyak 10 unit, power threser 8 unit, combine harvester 1 unit, ternak sapi 20 ekor, ternak kambing 75 ekor, ternak ayam 500 ekor, peremajaan kelapa dalam seluas 100 hektar berupa benih siap tanam sebanyak 11.000 batang dan pupuk organik 11.000 kg.

Bambang Purwanto menjelaskan jika bantuan ini merupakan komitmennya untuk meningkatkan sektor pertanian dan ketahanan pangan di daerahnya, yang mana bertujuan untuk membantu para petani yang sebelumnya kesulitan, baik dari segi peralatan maupun permodalan yang memadai.

“Saya sangat serius kalau bicara masalah ini. Saya berusaha semaksimal mungkin untuk membantu petani di Kalimantan Tengah. Saya ingat, masih banyak petani kita yang memakai cangkul. Makanya sekarang saya fokus supaya petani kita ini dapat bantuan alat dan mesin yang memadai,” ujarnya

Bambang Purwanto berharap para petani dapat merawat dan memanfaatkan bantuan yang diberikan sebaik mungkin. Selain itu, dalam situasi global yang sangat dinamis seperti sekarang lanjutnya, upaya seperti ini sangat penting dalam menjaga spirit mewujudkan kemandirian dan ketahanan pangan nasional..

“Saya minta, tolong bantuan ini digunakan untuk kepentingan kelompok, bukan untuk pribadi. Mohon do’a dan dukungannya juga, semoga saya bisa terus memperjuangkan ini, karena potensi lahan pertanian kita masih sangat luas dan diperlukan inovasi dan gebrakan besar untuk itu mengembangkannya,” tutupnya.

Reporter: Aris Kurnia Hikmawan


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x