Simpan Narkoba di Saku Celana, Petani di Tulang Bawang di Tangkap Polisi

waktu baca 2 menit
Rabu, 18 Okt 2023 20:58 0 41 Redaksi

TULANG BAWANG, L86News.com – Satuan Reserse Narkoba (Satres Narkoba) Polres Tulang Bawang, Polda Lampung, menangkap pelaku tindak pidana penyalah gunaan narkotika jenis sabu di wilayah hukum setempat.

Mewakili Kapolres Tulang Bawang, AKBP Jibrael Bata Awi, Plt. Kasatres Narkoba, Iptu Andy Ruswandy mengatakan, pelaku berinisial FA (27) petani warga Kampung Karya Makmur, Kecamatan Penawar Aji, Kabupaten Tulang Bawang.

“Hari Senin (16/10/2023), sekitar pukul 12.00 WIB, petugas menangkap pelaku tindak pidana penyalah gunaan narkotika jenis sabu. Ia ditangkap di Kampung Bandar Aji, Kecamatan Gedung Aji,” kata Iptu Andy Ruswandy, Rabu (18/10/2023).

Dari tangan pelaku, lanjut Plt Kasatres, petugas juga berhasil menyita barang bukti (BB) berupa plastik klip berisi narkotika jenis sabu dengan berat bruto 0,38 gram, handphone (HP) merek Oppo warna hitam, dan satu lembar tisu berwarna putih.

Penangkapan terhadap pelaku penyalah gunaan narkotika jenis sabu tersebut, kata Plt. Kasatres Narkoba, merupakan hasil penyelidikan di wilayah Kecamatan Gedung Aji. Berdasar informasi yang berhasil di dapat, akan ada transaksi narkotika jenis sabu di Kampung Bandar Aji.

“Ketika petugas tiba di lokasi, disana ada pria dengan gerak-gerik mencuriga kan sedang menunggu di sebuah warung kopi. Saat itu pula dilakukan penggeledahan dan ditemukan BB berupa narkotika jenis sabu terbungkus tisu disimpan saku celana,” ungkap perwira dengan balok kuning dua di pundaknya.

Iptu Andy menambahkan, pelaku yang sudah ditangkap saat ini masih dilakukan pemeriksaan secara intensif di Mapolres Tulang Bawang, dan akan dikenakan Pasal 114 ayat 1 Sub Pasal 112 ayat 1 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

“Dipidana dengan pidana penjara seumur hidup, atau pidana penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun, dan pidana denda paling sedikit Rp 1 miliar dan paling banyak Rp 10 miliar,” imbuhnya.

Reporter : Nov86

LAINNYA