Dorong Minat Bertani Generasi Muda, Bambang Purwanto Bagikan Alsintan Gratis Kepada Masyarakat

Redaksi Liputan86

KOTAWARINGIN BARAT, L86News.com – Bambang Purwanto, anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Kalimantan Tengah, memberikan bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) gratis kepada masyarakat dan kelompok tani di Kotawaringin Barat pada Senin, 16 Oktober 2023.

Diketahui, bantuan yang dibagikan oleh Bambang Purwanto kepada 44 kelompok tani ini tidak dipungut biaya sepeserpun, yang mana terdiri dari 2 unit kendaraan roda tiga atau tosa, 8 unit traktor roda dua type rotary, 1 unit traktor roda dua yanmar type singkal, 10 unit cultivator dan 22 unit elektrik hand sprayer.

Bambang Purwanto menjelaskan jika bantuan ini diberikan untuk membantu meningkatkan kualitas dan produktivitas produk pertanian. Selain itu, bantuan ini juga sebagai upaya pihaknya untuk menghadapi tantangan perubahan iklim, krisis pangan dan fluktuasi pasar global di masa depan.

“Ketahanan pangan itu tanggungjawab kita bersama. Untuk itu, saya sebagai wakil rakyat, selalu berusaha untuk memastikan bahwa selain mendapatkan pengetahuan dan keterampilan, petani kita juga dapat bantuan alat dan mesin pertanian yang modern,” ujar Bambang Purwanto.

Selain itu menurutnya, Indonesia dapat menjadi negara maju, jika berhasil mengelola dengan bijak sektor pertanian yang dimiliki untuk mewujudkan ketahanan pangan di masa depan. Untuk itu, ia mengajak generasi muda untuk untuk lebih peduli dengan kondisi pertanian di tanah air.

“Ayo anak-anak muda. Saya sangat mendukung penuh kalau ada anak muda yang mau dan berani jadi petani. Sebab, masa depan bangsa ada di tangan kalian. Kalau anak mudanya bersikap apatis dan tidak serius, saya khawatir kita tidak akan jadi negara maju nantinya,” tutupnya.

Reporter: Aris Kurnia Hikmawan

Share This Article