Sambut HUT Humas Polri ke-72, Polres Mabar Gelar Doror Darah

waktu baca 2 menit
Senin, 2 Okt 2023 23:06 0 39 Redaksi

LABUHAN BAJO, L86News.com – Sejumlah anggota Personel Polres Manggarai Barat (Mabar) menggelar aksi donor darah dalam rangka memperingati HUT Humas Polri Ke-72 tahun di Kantor Cabang PMI Mabar, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (02/10/2023)

Pelaksanaan donor juga untuk membantu ketersediaan darah dengan jumlah personil 20 orang. Bakti Kesehatan ini digelar secara serentak ditingkat Polda maupun Polres jajaran di seluruh Indonesia.

Kapolres Manggarai Barat, AKBP Ari Satmoko melalui Kasi Humas, IPTU Eka Dharma Yuda mengatakan kegiatan uang di ikuti 20 personel dari setiap satuan fungsi itu bekerjasama dengan PMI Cabang Mabar.

“Jumlah personil yang melaksanakan kegiatan sebanyak 20 orang, namun yang lolos mengikuti donor darah hanya 4 personil,” kata Kasi Humas di Kantor PMI Manggarai Barat.

Menurutnya, aksi donor darah ini agar Polri bisa ikut berkontribusi menjaga pasokan kebutuhan darah bagi masyarakat.

“Donor darah kali ini juga merupakan bentuk empati terhadap masyarakat. Apalagi, stok darah masih kurang dan warga kesulitan mendapatkan pendonor. Diharapkan kegiatan ini bisa membantu masyarakat yang membutuhkan,” ucapnya

Ia menuturkan para personel yang ikut mendonorkan darah sebelumnya menjalani serangkaian tes kesehatan. Setelah dinyata kan sehat maka bisa ikut mendonorkan darah.

“Ada beberapa tahapan dengan proses ada tes tensi darah dan tes HB. Jika semua lolos bisa melaksanakan donor darah, maka di lanjutkan dengan pengambilan darah,” tutur Perwira berpangkat Inspektur Polisi itu.

Selain untuk membantu masyarakat, lanjutnya, donor darah juga membantu para personel kepolisian lebih bugar karena darah baru akan diproduksi kembali. Sehingga aparat polisi bisa tetap menjalankan tugas dengan fit dan sehat.

Kegiatan ini dapat membangun rasa kepedulian sosial untuk berbagi dan membantu sesama, donor darah juga memiliki banyak manfaat tidak hanya untuk penerima donor darah, tapi juga bagi pendonor darah.

“Manfaat bagi pendonor bisa menjaga kesehatan jantung dan sirkulasi darah, mengurangi jumlah kolesterol jahat, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu mendeteksi dini penyakit tertentu dan dapat menjaga kesehatan mental,” pungkasnya

Reporter : Lex86

LAINNYA