x

Membanggakan! 17 Mahasiswa Universitas Palangka Raya Angkat Budaya Lokal ke Forum Internasional di Vietnam

waktu baca 3 menit
Rabu, 13 Sep 2023 13:26 0 17 Tim Redaksi 1

PALANGKA RAYA, L86News.com – Prestasi membanggakan datang dari mahasiswa Pascasarjana, Program Pendidikan Bahasa Inggris dari Universitas Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Tak hanya mengharumkan nama Indonesia, tapi juga mengangkat kebudayaan Bumi Tambun Bungai, Kalimantan Tengah di tingkat Internasional. 

Beberapa waktu lalu, tepatnya pada tanggal 24 Agustus 2023, sebanyak 17 orang perwakilan mahasiswa mendapatkan kesempatan emas untuk mengajar Bahasa dan Budaya Indonesia serta memperkenalkan Bahasa dan Budaya Kalimantan Tengah kepada mahasiswa dari beberapa negara di Vietnam. Melalui program teaching practicum yang bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Jurusan Oriental Studies Program Studi Bahasa Indonesia, Vietnam National University (VNU), Kota Ho Chi Minh, Vietnam.

Tidak hanya mengajar BIPA (Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing), 17 mahasiswa tersebut juga menjadi speaker atau pembicara dalam “International Conference on Contemporary Indonesian History, Culture, and Society”, acara seminar internasional yang diselenggarakan bertepatan dengan perayaan diplomatik 30 tahun kerjasama Indonesia dan Vietnam pada 25 Agustus 2023 lalu. 

Berdasarkan informasi yang diterima, mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut diantaranya adalah Risfa Nur Aisyah, Agel Altalarik, Ikhlas Abdi P, Riza Sriwahyuni, Chrizzya Ludwiqa H, Tiara Afdalia, Yogi Atma P, Eva Handayana, Ikrimah, Rika Soraya, Suaibatul Aslamiyah, Salamah HK, Novely Esterika P, M. Alpian Sari, M. Zaini, Netty Siagian, dan Parya Nadira.

Agustaviano Sofjan, Konsulat Jenderal (Konjend) Indonesia di Ho Chi Minh-Vietnam, diketahui juga turut menghadiri acara bergengsi tersebut. Selain tamu diplomatik, dosen dari berbagai negara di dunia dan mahasiswa internasional yang ada di Vietnam, serta beberapa professor dan pakar dari Indonesia juga turut memeriahkan kegiatan itu. 

Kegiatan tersebut juga disambut baik oleh Konjend, Agustaviano Sofjan. Sebagai bentuk apresiasi atas kehadiran rekan-rekan dari Indonesia, ia terlihat menjamu dengan baik para tamu undangan dalam acara silaturahmi dan malam Gala Dinner di kediamanannya. 

Risfa Nur Aisyah, salah satu perwakilan mahasiswa yang ada menyampaikan rasa terima kasih dan perasaan bahagianya sehingga dapat terlibat menjadi bagian dalam acara tersebut.  

“Kami berterima kasih dan sangat senang bisa membawa nama harum Kalimantan Tengah dan Indonesia. Memperkenalkan budaya Kalimantan Tengah kepada mahasiswa bahkan guru-guru besar di negara Vietnam, dan berkesempatan mempresentasikan nilai-nilai kearifan lokal (local wisdom) Kalimantan Tengah lewat kegiatan Teaching Practicum & Seminar Internasional yang dihadiri oleh dosen dari berbagai negara di dunia, mahasiswa internasional di Vietnam, dan beberapa professor serta pakar dari Indonesia,” pungkas Risfa dengan penuh semangat.

Ia juga berharap melalui kegiatan ini dapat nantinya dapat memperkenalkan bahasa dan mempromosikan budaya Kalimantan Tengah di tingkat Internasional.

“Semoga kegiatan ini dapat memperkenalkan bahasa dan mempromosikan budaya Kalimantan Tengah maupun Indonesia di mata dunia. Sehingga berdampak pula kedepan semakin banyak wisatawan asing yang datang dan belajar ke daerah kita,” lanjutnya menambahkan.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut program studi magister (S2) Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Palangka Raya turut mengimplementasikan MoU kerjasama dengan melaksanakan program visiting lecturer dan pengabdian masyarakat. 

Ketua Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Dr. Misrita, S.S., M. Hum yang juga sebagai pendamping dalam kegiatan menyatakan bahwa program ini juga dilaksanakan sebagai upaya program kampus merdeka oleh dosen maupun mahasiswa dan misi soft diplomatik antar negara tetangga. 

“Selain sebagai misi akademik, kegiatan ini juga membawa misi soft diplomatik untuk menjalin kerjasama yang baik antara negara Indonesia dan Vietnam. Dengan adanya MoU yang telah disepakati bersama, kami berharap kegiatan ini dapat berlanjut dan berkontribusi bagi kampus dan negara,” jelas Misrita.

Reporter: Aris Kurnia Hikmawan


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x

Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca