x

Unik dan Luar Biasa, Petugas Upacara Ponpes Daarul Rasul Gunakan Baju Adat Papua

waktu baca 2 menit
Jumat, 18 Agu 2023 16:01 0 95 Redaksi Liputan 86

BOGOR, L86News.com – Baru pertama kali terlihat sangat unik dan Langka karena seluruh petugas upacara Pondok Pesantren (Ponpes) Daarul Rasul mengunakan pakaian adat Papua dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78.

Mereka juga selalu bersinergi bersama perwakilan anak buah kapal (ABK) KM Labobar menggelar upacara kemerdekaan Republik Indonesia dengan melibatkan berbagai elemen sivitas Ponpes Darul Rosul Nanggewer, Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat, Kamis (17/08/2023)

Ikut dalam kegiatan upacara tersebut Nahkoda (Capt) Pujo bersama jajaran pimpinan pesantren, santri, dan santriah serta diikuti nahkoda dan Cruw bersama anak buah kapal (ABK) KM Labobar milik PT Pelni (Persero).

Saat memimpin upacara, Ustad Ahmad Baihaki menyampaikan sejumlah nasihat agar seluruh peserta upacara tidak lupa terhadap jasa para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia.

“Sebagai bangsa yang besar tidak selayaknya melupakan jasa jasa pahlawan terutama para ulama, santri dan pesantren yang sudah sejak dahulu memperjuangkan kemerdekaan Indonesia,” ucapnya.

Upacara peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia di Ponpes Darul Rasul tersebut, menurut Ustad Ahmad Baihaki merupakan agenda rutin dan di laksanakan setiap tahun.

“Untuk tahun ini upacara kita gelar di lapangan Ponpes Daarul Rasul Nanggewer di Kampung Pasurupan, Desa Cibadak. Ini menjadi bukti nyata bahwa ABK bersama pesantren selalu bersinergi untuk merayakan HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke-78,” ungkapnya.

Sugito (59) dan Rudi (53) warga kampung setempat mengapresiasi sinergitas pesantren dan ABK Labobar dalam menggelar upacara HUT RI ke-78. “Upacara ini termasuk langka, karena seluruh petugas upacara mengunakan busana adat papua,” jelasnya.

“Selain itu masyarakat yang berada disekitar situ pun bisa berbaur dengan pesantren dalam momen HUT kemerdekaan Republik Indonesia yang kita cintai bersama,” imbuh Rudi warga Pasurupan.

Pantauan di lokasi, upacara dimulai pukul 08.00 hingga 09.30 WIB. Meski di pertengahan upacara terlihat nerves, keadaan dapat di selesaikan tanpa merusak khidmatnya upacara HUT RI ke-78.

Reporter : Tim/Red


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x