x

Polresta Banyumas Sambut Tim Penilai Lomba Pos Satkamling Tingkat Nasional

waktu baca 2 menit
Jumat, 23 Jun 2023 12:31 0 51 Redaksi Liputan86

BANYUMAS, L86News.com – Polresta Banyumas, Polda Jateng sambut tim penilai lomba Pos Satkamling Tingkat Nasional dari Korbinmas yang bertempat di Balai Garuda PosnSatkamling RT. 03 RW. 07 Kel. Teluk Kec. Purwokerto Selatan, Kab. Banyumas, Kamis malam (23/6/23).

Dalam hal ini, Polresta Banyumas menjadi salah satu nominasi yang mendapat penilaian lomba Satkamling tingkat nasional usai sebelumnya mendapatkan juara pertama dari penilaian lomba Satkamling tingkat Polda Jateng.

Dalam penyambutannya, tim penilai dari Korbinmas disambut dengan penampilan Hadroh kelurahan Teluk dilanjutkan pengalungan bunga oleh penari Lengger serta diiringi musik calungan.

Hadir dalam kegiatan tersebut adalah tim penilai lomba Satkamling tingkat nasional, Forkopimda Kab. Banyumas, PJU Polresta Banyumas, Kapolsek Urban Polresta Banyumas, Forkompimcam, Lurah Se Kec. Purwokerto Selatan, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainya.

Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu, SIK, MH, dalam sambutanya mengatakan, lomba Satkamling merupakan implementasi Perpol 1 tahun 2023 tentang perubahan Perpol no. 4 tahun 2020 tentang pengamanan swakarsa dimana perubahan tersebut diselaraskan dengan dinamika masyarakat.

Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk menciptakan suatu kondisi yang aman tertib dan tentram di lingkungan masing-masing serta terwujudnya kesadaran warga masyarakat dalam penanggulangan terhadap setiap kemungkinan timbulnya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Stabilitas Kamtibmas adalah kebutuhan masyarakat yang harus kita wujudkan bersama-sama dan merupakan kewajiban semua masyarakat untuk ikut serta berpartisipasi aktif dalam upaya pemeliharaan keamanan dan ketertiban di lingkungannya sebagai cipta kondisi menghadapi pemilu serentak tahun 2024”, papar Kapolresta.

Sementara itu, Kombes Pol Trihadi Kuncahyo, AMd, selaku Katim Penilai menyampaikan apresiasi atas antusias luar biasa dari warga Kelurahan Teluk di wilayah Kecamatan Purwokerto Selatan yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Ada beberapa elemen yang harus saya priksa agar Satkamling RT 03 RW VII Kelurahan Teluk, Kec. Purwokerto Selatan layak menjadi juara ditingkat nasional”, ungkapnya.

Kombes Pol Trihadi juga mengungkapkan bahwa pihaknya telah mengunjungi dan menilai Sat Kamling di Polda – Polda lain dan mudah – mudahan Sat Kamling di Kelurahan Teluk ini bisa menjadi juara di tingkat nasional.

“Kami selaku Tim Penilai akan bertindak seprofesional mungkin dalam memberikan penilaian dan tidak berpihak kepada salah satu pihak manapun”, ujarnya.

Usai sambutan-sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan penampilan peragaan beladiri Polri dan pencak silat pemuda pemudi RT 03 RW VII Kelurahan Teluk, penampilan Sejarah berdirinya Pos Sat Kamling dan Aula Garuda, peragaan simulasi penyelesaian berbagai permasalahan dalam kegiatan ronda Satkamling dilanjutkan dengan pemeriksaan Pos Sat Kamling oleh tim Penilai.

Reporter : Shol/Hum


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

LAINNYA
x
x

Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca