x

Aspirasi Guru Sudah di Sampaikan ke Kemenkeu, DPRD : Hasilnya di Serahkan ke Pemda

waktu baca 2 menit
Selasa, 30 Mei 2023 11:58 0 71 Tim Redaksi 1

LAMPUNG SELATAN, L86News.com — Aspirasi guru lulusan passing grade telah tersampaikan di Kementerian Keuangan dan Perekonomia RI melalui Anggota DPRD Lampung Selatan.

Hal ini diungkap Anggota Komisi II DPRD Lamsel, Andi Apriyanto ada L86News.com di gedung dewan setempat, senin 20 mei 2023.

“Usai demo guru kemarin itu, saya langsung berangkat ke pusat. Kementerian Keuangan bilang, itu di serahkan ke pemerintah daerah kebijakan nya seperti apa. Walau pun peraturan itu kembali ke pemda. Sebenarnya di 2023 dana itu ada. Namun di 2024, mereka (kemenkeu) tidak berani memastikan,”ungkap Andi.

Menurut Dewan PKS Lamsel, jika 4.702 guru dianggarkan dari keuangan daerah, maka APBD Lamsel bisa oleng.

“Kalau kita mengangkat 4.202 tenaga guru, saya hitung bisa 200 milyar lebih.Dari mana kita dana segitu besarnya. Bisa oleng APBD kita kesedot disitu semua,”jelas Andi.

Secepatnya DPRD akan beraudensi dengan sekdakab lamsel guna mencari solusi kebijakan.

“Maka nanti saya akan beraudensi dengan pak sekda, seperti apa kebijakan nya nanti. Kita pengen nya minimal yang 727 guru itu. Kalau janji kementerian keuangan janjinya tidak berubah, DAW kita masih diangka Rp. 1 triliun lebih. DAW 2023 itu sistemnya rembes artinya kita bayar dulu baru pusat mengeluarkan,” beber Andi.

Sekarang ini, kata Andi, kebijakan ada diranah eksekutif karena DPRD sudah ketok palu. “Hasil zoom metting dengan kementerian keuangan kemarin itu, mengembalikan lagi sesuai kemampuan daerah walau pun sudah pasang di PMK itu 4.202. tapi dari logika, sekian ratus orang guru yang pensiun itu harus nya jangan diotak-atik wilayah pendidikan itu,”

Diketahui, ratusan guru lulusan passing grade pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) telah berunjukrasa di DPRD dan Pemkab Lamsel (22/5) untuk meminta pemkab lamsel membuka kuota/formasi 727 tahun 2023.

Reporter : Nes


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x

Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca