Polsek Waway Karya Akhirnya Stop dan Pasang Garis Polisi di Lokasi Tambang Pasir

waktu baca 2 menit
Minggu, 14 Mei 2023 20:12 0 176 Redaksi

LAMPUNG TIMUR, L86News.com – Desakan sejumlah pihak agar aktifitas tambang pasir ilegal di daerah aliran sungai Desa Mekar karya dan Desa Tanjung Wangi, Waway Karya, Lampung Timur, berakhir klimaks. Polsek Waway Karya atas kesepakatan Forkompincam memasang Garis Polisi di lokosi tambang.

Pemasangan Garis Polisi (Police Line) tersebut dilakukan oleh aparat kepolisian di pimpin langsung oleh Kapolsek Waway Karya AKP Catur HS, bersama Camat Waway Karya Ahmad Naufal, dan disaksikan penggiat sosial Made Sustika, dari LSM LIPAN, Sabtu (14/05/2023).

Camat Waway Karya Ahmad Naufal mengatakan, pemasangan Garis Polisi ini menindaklanjuti surat edaran Camat Waway Karya untuk pemberhentian tambang pasir di daerah aliran sungai.

“Kami menindaklanjuti dan berkoordinasi dengan Forkompincam. Termasuk pak Danramil sudah mengetahui untuk pemasangan Garis Polisi ini. Harapannya tidak ada lagi penambang pasir di daerah aliran sungai, Desa Tanjung Wangi,” ujarnya.

Kapolsek Waway Karya, AKP Catur HS menjelas kan, sesuai hasil koordinasi dengan Forkompincam, laporan masyarakat dan hasil pantau di lokasi, pihaknya menilai akibat penambang di daerah aliran sungai itu akan berdampak ke masyarakat.

“Kami pihak Polri khususnya Polsek melakukan tindakan tegas. Jadi ini akan kita tutup, dan kita pasang Police Line. Kalau pun masih (menambang) kita akan melakukan tindakan hukum,” tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris jendral (sekjen) LSM LIPAN Made Suastika mengapresiasi tindakan tegas Polsek Waway Karya untuk menutup lokasi tambang dengan memasang Garis Polisi.

“Yang jelas ini suatu tindakan kongkrit dari Bapak Kapolsek dan Bapak Camat. Jadi keresahan masyarakat sudah terjawab. Masyarakat tidak perlu resah dengan longsornya tanggul,” ucapnya

Karena, lanjut Made, tanggul ini sengaja dibuat dengan anggaran besar oleh negara dan dikhawatir kan jebol dan berdampak ke warga. “Dengan tindakan tegas ini mudah mudahan masyarakat tak lagi resah,” tandasnya.

Reporter : Rusdi

LAINNYA