x

Puncak Arus Mudik 2023, Penumpang Kereta Api Bandara Soeta Meningkat Drastis

waktu baca 3 menit
Rabu, 19 Apr 2023 16:09 0 60 Redaksi Liputan 86

TANGERANG, L86News.com – Penumpang Kereta Api Bandara Soekarno Hatta (Soeta) meningkat drastis di puncak arus Mudik Lebaran 2023 atau Idul Fitri 1444 Hijriah. Jumlah total penumpang yang datang dan berangkat dari Stasiun Kereta Api Bandara Soekarno Hatta tercatat 5.562 penumpang per Selasa 18 April 2023.

Jumlah tersebut jauh melampaui keadaan normal di hari-hari biasa. Normalnya kedatangan per hari 1.000 penumpang yang menggunakan Kereta Api Bandara Soekarno Hatta. Sebelumnya diprediksi bahwa 18 dan 19 April 2023 merupakan puncak arus Mudik Lebaran 2023 lewat jalur udara.

Lonjakan penumpang Kereta Api Bandara Soekarno Hatta itu mendapat apresiasi dari Kasatlantas Bandara Soekarno Hatta Kompol Bambang Askar Sodiq. Menurutnya, hal ini sangat membantu pihak kepolisian dalam mitigasi kemacetan lalu lintas di sekitar Bandara Soekarno Hatta.

“Terbukti hasil komunikasi kami dengan Kepala Stasiun Kereta Api Bandara Soetta Dani Sumarna, bersyukur sekali masyarakat sekarang sudah mulai teredukasi menggunakan moda transportasi kereta api, akan sangat membantu petugas kepolisian dalam menciptakan kelancaran lalu lintas,” ungkap Kompol Bambang AS.

Berikut rincian laporan kedatangan dan keberangkatan kereta api di Stasiun Kereta Api Bandara Soekarno Hatta (BST) pada Selasa 18 April 2023 sampai (KA terakhir) pukul 20.49 WIB dengan jumlah 40 perjalanan.

Keberangkatan

Baseotta – Batu Ceper: 203
Baseotta – Duri: 194
Baseotta – BNI City: 474
Baseotta – Manggarai: 1.071
Total penumpang yang berangkat dari Stasiun Basoetta 1.942 penumpang.

Kedatangan

Batu Ceper – Basoetta: 167
Duri – Basoetta: 397
BNI City – Basoetta: 1.464
Manggarai – Basoetta: 1.592
Total penumpang yang datang ke Stasiun Basoetta 3.620 penumpang.

Jadi jumlah total penumpang yang datang dan berangkat dari Stasiun Kereta Api Basoetta 5.562 penumpang.

Melonjaknya jumlah penumpang Kereta Api Bandara Soekarno Hatta itu berbanding terbalik dengan jumlah kendaraan yang masuk wilayah Bandara Soekarno Hatta. Hal ini tentu saja sejalan dengan apa yang diharapkan pihak kepolisian.

“Data traffic count yang diterima Satlantas, hari ini kendaraan masuk Bandara Soekarno Hatta mencapai 70 ribu kendaraan. Hal ini sangat berbeda dengan prediksi arus mudik bahwa pada tanggal 18 – 19 April puncak arus mudik yang bisa tembus 160 ribu kendaraan,” ungkap Kompol Bambang AS.

“Masyarakat kita sudah sangat terbantu dengan moda transportasi Kereta Api Bandara. Dan hal ini yang menyebabkan volume kendaraan yang masuk Bandara Soekarno Hatta dapat terurai dengan baik,” tambahnya.

Menurut Kompol Bambang AS, naiknya jumlah penumpang Kereta Api Bandara Soekarno Hatta itu tak terlepas dari tarif diskon yang diterapkan PT Kereta Commuter Indonesia selama bulan Ramadan 1444 H ini. Jika sebelumnya tarif dari dan menuju Bandara Soekarno Hatta adalah Rp70.000, maka setelah diskon menjadi Rp50.000 saja dan Rp30.000 pada jam-jam tertentu.

Selain itu, glorifikasi yang terus digaungkan Satlantas Polresta Bandara Soekarno Hatta dan pihak terkait lainnya ikut membantu mengedukasi masyarakat agar lebih memilih menggunakan transportasi publik saat akan mudik.

“Glorifikasi penggunaan kereta api langsung kita dengungkan melalui medsos dan layanan radio agar masyarakat beralih memggunakan moda transportasi kereta api,” kata Kompol Bambang AS

Reporter : Fi86.


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x