x

Momentum Bukber PWRI Metro, Dewan Penasehat Ajak Anggota Tabayyun

waktu baca 2 menit
Rabu, 5 Apr 2023 10:19 0 124 Redaksi Liputan 86

METRO, L86News.com -Momentum acara Buka Bersama (Bukber) dewan penasehat organisasi DPC PWRI Kota Metro, Samidi mengajak semua anggota yang tergabung di Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) Metro untuk Tabayyun. Adapun acara buka bersama pada tahun 1444 H di adakan di sekertariat kantor PWRI Metro, Jalan Sutan Sahrir Tejoagung, Metro Timur, Selasa (4/4/2023).

Menurut, Samidi yang sering di sapaan bang Wendy ini Buka Bersama ini kegiatan rutin setiap tahun PWRI Metro. Dalam rangka untuk mempererat talisilaturahmi sesama anggota. Disisi lain acara ini dalam tema “Wartawan Tabayyun”., tabayyun sangat penting dan dibutuhkan di era gegasnya informasi yang belum terbukti kebenarannya. Tabayyun adalah istilah di agama Islam yang merujuk pada suatu sikap, yang bisa diambil oleh seseorang tentang suatu informasi yang benar dan sesuai fakta.

Perintah tabayyun merupakan peringatan, jangan sampai kita wartawan apalagi umat muslim melakukan tindakan yang menimbulkan dosa dan penyesalan akibat keputusan yang tidak didahului dengan tabayyun, yang akan berakibat bisa mencelakakan dan merugikan orang lain.

Tabayyun terhadap suatu berita yang didengar wartawan maupun dibaca itu mempunyai efek yang sangat besar terhadap masyarakat. Pengaruh berita ini dapat membentuk opini masyarakat terhadap sesuatu menjadi baik dan buruk. Dalam Islam tidak boleh sembarangan dalam menerima dan menyebarkan suatu berita yang belum kita ketahui kebenaraan nya.

Firma Allah yang berbunyi.
Wahai orang-orang yang beriman, jika seseorang yang fasik datang kepadamu membawa suatu berita, maka telitilah kebenarannya, agar kamu tidak mencelakakan suatu kaum karena kebodohan (kecerobohan), yang akhirnya nanti kamu akan menyesali perbuatanmu itu.

Samidi mengatakan, janganlah kita menjadi provokator untuk memecah belah satu sama lain, jadilah kita penyejuk disetiap perbedaan (Perselisihan). Nitif uang bisa berkurang nitif omongan bisa saja bertambah, sehingga kalau informasi itu tidak benar akan menimbulkan perselisihan, pertikaian bahkan tidak menutup kemungkinan terjadinya permusuhan antar kita sesama,” Katanya.

“Maka dari itu tabayyun sangat penting dan dianjurkan dalam islam, tabayyun adalah mencari kejelasan hingga terang dan benar. Sementara itu, secara istilah pengertian tabayyun adalah menyeleksi informasi atau berita dengan melakukan check dan recheck, memverifikasi, dan mencari kebenaran dari informasi tersebut. Tabayyun bermakna mencari kebenaran atas sesuatu hal agar tidak terjadi fitnah.

Sifat tabayyun ini sangat dianjurkan dalam ajaran Islam. Utamanya untuk menjaga kemurnian dan keharmonisan dalam bergaul dan berkehidupan, mari dibulan suci Ramadhan tahun ini kita jadikan momentum untuk kita bersama-sama introspeksi diri berbenah untuk lebih baik lagi kedepan,” Tutupnya.

Reporter : Husin


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x