Kantor Imigrasi Cilacap Mendulang Rp 15,471 Miliar Selama Tahun 2022

waktu baca 3 menit
Kamis, 22 Des 2022 15:31 0 79 Redaksi

CILACAPA, L86News.com – Kantor Imigrasi Cilacap pada tahun 2022 berhasil meraih pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp. 15.471.646.500,00. 

Hasil melesat secara signifi kan dari target sejumlah Rp. 9.178.500.000,00 dengan presentase peningkatan 68.56 % itu penyumbang terbesar nya dari PNBP 2022 pada penerbitan paspor dengan nilai Rp 12.621.500.000,00. 

Membaiknya situasi pandemi global Covid-19 menjadi relaksasi regulasi perjalanan internasional ke berbagai negara yang akhirnya terjadi peningkatan permohonan paspor untuk melakukan berpergian ke luar negeri dengan berbagai tujuan.

“Selain itu Kantor Imigrasi melakukan beberapa inovasi untuk peningkatan layanan, berupa layanan jemput bola yaitu Kantor Imigrasi Cilacap  ngelayani Paspor Nang Kabupaten (Kancil Ngapak) yang di adakan pada minggu pertama, kedua dan ketiga pada hari Sabtu dan Minggu sebanyak 30 kegiatan,” ujar Kepala Kantor Imigrasi Cilacap, Yoga Ananto Putra, Kamis (22/12).

Menurutnya, sepanjang 2022, Kantor Imigrasi Cilacap telah menerbitkan 45.671 paspor, dengan rincian paspor baru sebanyak 24.690 dan penggantian paspor sebanyak 14.942 yang di dominasi untuk tujuan beribadah umroh. 

“Sedangkan untuk layanan Izin Tinggal Warga Negara Asing, Kantor Imigrasi Cilacap pemberikan Izi Tinggal sebanyak 900 dengan rincian Izin Tinggal Kunjungan (ITK) 251, Izin Tinggal Terbatas (ITAS) 607 dan Izin Tinggal Tetap (ITAP) 36,” jelasnya. 

Izin Tinggal yang diberikan, lanjut dia, paling untuk Tenaga Kerja Asing dalam rangka Proyek Prioritas Strategis Pemerintah. Sementara, untuk bidang pengawasan dan penindakan Imigrasi Cilacap mencatat telah melakukan TAK (tindakan administrasi keimigrasian) biaya beban (overstay) kepada 11 WNA serta melakukan deportasi kepada 7 WNA.

“Untuk koordinasi pengawasan orang asing, Tim Pengawasan Orang Asing (Tim PORA) juga telah melaksanakan 5 kali Rapat Tim PORA di 5 Kabupaten yakni Cilacap, Banyumas, Banjarnegara, Purbalingga dan Kabupaten Kebumen. Kelima kabupaten tadi adalah wilayah kerja Kantor Imigrasi Cilacap,” tandasnya.

Dijelaskan Yoga, Operasi Gabungan Tim PORA di laksanakan 5 kali pada tiap kabupaten. Tim PORA merupa kan Tim yang dibentuk dalam rangka koordinasi dan sinergi pengawasan orang asing yang berada di wilayah kerja Kantor Imigrasi Cilacap.

Di kehumasan, kata dia telah melaksanakan berbagai sosialisasi keimigrasian secara langsung maupun melalui berbagai media masa, media online dan media elektronik. Sosialisasi diperlu kan untuk menyebarluaskan keterbukaan informasi publik berkenaan dengan kebijakan-kebijakan keimigrasian yang sangat dinamis dan relatif cepat berubah selama pandemi Covid-19 serta kemudahan keimigrasian dalam mendukung pariwisata dan investasi.

Selain itu, Kantor Imigrasi Cilacap juga meraih 7 penghargaan, yakni Prestasi sebagai Satuan Kerja denga Kinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik Kategori Kantor Imigrasi Kelas II oleh Menteri Hukum Dan HAM RI dan Unit Pelaksana Teknis Yang Diusulkan Ke Tahap Panel Tim Penilai Internal (TPI) Pembangunan ZI Tahun 2022 Oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah.

Kemudian satuan Kerja Pengelolaan Website Teraktif II Oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Satuan Kerja Mendukung Layanan Paspor Masuk Desa Oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah.

Lalu satuan kerja terbaik dalam Publikasi melalui Infografis dan Videografis Oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Satuan Kerja Terbaik II dalam Pelayanan Warga Negara Asing oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah serta Dukungan dan Bantuan Untuk Bencana Alam Erupsi Gunung Semeru Oleh Bupati Cilacap. 

“Atas pencapaian itu, Yoga Ananto menyampaikan apresiasi kepada seluruh pejabat serta pegawai di lingkungan Kantor Imigrasi Cilacap yang telah bekerja keras dan berdedikasi selama mendukung kinerjanya selama ini,” ucapnya.

Ia pun berharap, pegawai Kantor Imigrasi Kelas Cilacap tetap komitmen, disiplin dan mengedapankan sinergi serta kerjasama untuk mewujudkan Kantor Imigrasi Cilacap menjadi unit pelayanan publik yang terbaik. 

Reporter : Slh

LAINNYA