Hadiri Germas di Mataram Baru, Yusbariah Ajak Hidup Sehat Dimulai Dari Diri Sendiri

waktu baca 2 menit
Kamis, 24 Nov 2022 17:05 0 67 Redaksi

LAMPUNG TIMUR, L86News.com – Forkopimcam Mataram Baru, Kabupaten Lampung Timur, kampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Lapangan Desa Mataram Baru, Kamis (24/11/2022).

Germas yang di selenggarakan tim kesehatan Kecamatan Mataram Baru tersebut, memberikan sosialisasi dan mengkampanyekan terwujudnya program Indonesia Sehat di mulai diri sendiri dan pendekatan keluarga.

Kegiatan tersebut menindaklanjuti Inpres No 1 tahun 2017 dan Perbub Lampung Timur No 48 tahun 2018 tentang pedoman pelaksanaan Germas.

Acara di hadiri Ketua TP PKK Lampung Timur Yusbariah Dawam Rahardjo didampingi ketua Dharma Wanita Sugiati M Yusuf, Kadis Kesehatan dr Satya Nugraha, Camat Mataram Baru Sriyati beserta Forkopimcam setempat.

“Langkah gerakan masyarakat hidup sehat harus dimulai dari diri sendiri, dengan membudayakan 7 langkah yakni; melakukan aktifitas fisik, makan sayur dan buah, tidak merokok, tak mengkonsumsi minuman alkohol, cek kesehatan berkala, jaga kebersihan lingkungan dan gunakan jamban sehat” jelas Yusbariah.

Sementara program pencegahan dan penurunan angka stunting juga tetap menjadi program Pemerintahan Daerah Lampung Timur yang harus di selesaikan pada tahun 2022 ini.

“Khusus ibu hamil wajib menjaga dan memeriksakan kehamilannya di tempat kesehatan terdekat. Ayo kita dukung gerakan cegah stunting dalam seribu hari pertama kehidupan” tandasnya.

Usai membuka Germas, Yusbariah Dawam Rahardjo secara singkat memberikan praktik langkah pembuatan Eco Enzyme agar bisa dimanfaatkan untuk para ibu-ibu rumah tangga.

Memeriahkan acara Germas di Kecamatan Mataram Baru pada tahun 2022 ini, panitia penyelenggara menyediakan dorprize hadian bagi yang beruntung, seperti Sepeda gunung, Kulkas, Kipas angin dan hadiah lainnya.

“Di acara Germas juga di warnai perlombaan Senam Lampung Timur Berjaya, lomba kreasi buah, lomba aksi bergizi dan pola hidup sehat bagi siswa sekolah Paud dan TK” ungkap Miftahul Munir, pelaksana kegiatan.

Bazar UMKM yang berasal dari pelaku usaha warga di Kecamatan Mataram Baru juga menjadi ciri khas kegiatan Germas tersebut.

Tak ketinggalan pula pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis dari tim Posbindu TPM bagi masyarakat setempat dengan hanya membawa foto copy KTP sebagai syaratnya.

Selain itu juga Donor Darah dari PMI Lampung Timur dan pelayanan kependudukan dari Disdukcapil setempat menjadi pelengkap kegiatan Germas di Kecamatan Mataram Baru di tahun 2022 ini.

Reporter : Ad86

LAINNYA