x

Senam Germas Meriahkan Peringatan HKN ke-58 di Kecamatan Purwokerto Barat 

waktu baca 2 menit
Sabtu, 12 Nov 2022 20:20 0 114 Redaksi Liputan 86

BANYUMAS, L86News.com – Meriahkan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-58 tahun 2022, sebanyak 500 peserta melakukan Senam Germas di Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu (12/11/2022). 

Selain Senam Germas, acara juga di meriahkan oleh Senam Ditepinya Sungai Serayu dan sejumlah kegiatan seperti pemeriksaan kesehatan, pembagian konsumsi telor dan buah pisang serta pengece kan gula darah gratis.

“Kemudian ada juga kegiatan makan bersama, sosialisasi pajak kendaraan dari UPPD Samsat Polres Purwokerto, pembagian doorprize, hadiah dan pertunjukan hiburan rakyat,” ujar Imam selaku Ketua Panitia kegiatan. 

Menurutnya, HKN tahun 2022 bertema “Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku” diarahkan untuk meningkatkan ke sadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya kesehatan usai di landa Pandemi Covid-19.

“HKN ke-58 kali ini arahnya untuk menunjukkan bahwa kita harus bangkit kembali. Kita harus pulih kembali dan saling bekerjasama. Kalau kita bangkit maka ekonomi juga akan kembali meningkat,” kata Imam.

Ucapan terima kasih kepada semua pihak atas peran dan andilnya mensyukseskan acara HKN disampaikan Imam. “Juga kepada donatur dan sponsor, semoga menjadi amal ibadah, sedekah, kebai kan dan dibalas berlipat oleh Allah SWT, Aamiin,” ucapnya.

Senada juga disampaikan Camat Purwokerto, Agus Sriyono dalam sambutanya. Menurut dia, HKN harus bisa jadi titik awal kebersamaan seluruh komponen warga dalam membangun kesehatan di Purwokerto Barat khusus nya, dan Indonesia umumnya.

“Kita ingin bersama-sama masyarakat untuk terus melaku kan olahraga bersama, memberikan pelayanan dan informasi. Intinya kita ingin masyarakat hidup sehat dan mengubah dari kuratif jadi promotif preventif,” ujar Agus.

Menurutnya, perbaikan lingkungan dan perubahan perilaku hidup kearah yang lebih sehat perlu dilakukan secara sistematis dan terencana oleh semua komponen bangsa.

“Untuk itu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) ini menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik di Purwokerto Barat,” jelas Camat.

Bidan Puskesmas, Wisnu Murti warga Kelurahan Kober, menjelaskan bahwa Senam Ditepinya Sungai Serayu, itu di ciptakan oleh Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta dan sejak Agustus, senam baru dilaksakan.

“Jadi sejak Bulan Agustus lalu senam baru dilakukan oleh kelompok ibuk ibuk di Kelurahan Kober. Tokoh senior yang menginisiasi diantaranya Eyang Tarno, Eyang Bagong dan Eyang Widi,” kata Wisnu Murti via telpon.

Selain Camat, turut hadir Kepala Puskesmas, Lurah se-Purwokerto Barat, PKK, Dawis, Kelompok Senam, Babinbsa, Babinkamtibmas, Dinas Kesehatan, Samsat, Jasa Raharja dan Munfiq JPZIS NU Care-LASINU BERES Purwokerto Barat

Reporter : Djar/Slh


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x