x

Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Dandim 1702/JWY Bertindak Sebagai Irup

waktu baca 2 menit
Sabtu, 1 Okt 2022 18:16 0 65 Redaksi Liputan 86

WAMENA, L86News.com – Dandim 1702/JWY Letkol Cpn Athenius Murip, SH, MH bertindak selaku Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dengan mengambil tema Bangkit Bergerak Bersama Pancasila.

Upacara yang diperingati setiap tanggal 01 Oktober ini dihadiri dan dikuti oleh seluruh personil Kodim 1702/JWY. Upacara di laksanakan di Lapangan Upacara Kodim 1702/JWY, Sabtu .(01/10/2022).

Dijumpai seusai pelaksanaan upacara, Letkol Cpn Athenius Murip mengatakan Upacara Kesaktian Pancasila hari ini di selenggarakan oleh seluruh Bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

“Pelaksanaan upacara ini sebagai perwujudan selaku anak bangsa yang menyadari bahwa pada tahun 1965 silam terjadi peristiwa upaya-upaya mengubah ideologi Pancasila,” ujar Dandim.

Untuk itu, lanjut Dandim masyarakat tidak boleh lengah karena hal ini salah satu bahaya laten. “Kita harus menumbuhkan sikap mawas diri. Apalagi bangsa saat ini tengah menghadapi berbagai permasalahan, tak terkecuali pasca pandemi Covid-19,” ujarnya.

Ideologi Pancasila, menurut Damdim adalah harga mati, tidak bisa ditawar sebagai ideologi bangsa Indonesia. “Ini sebagai wujud menghargai jasa pahlawan yang telah menumpahkan darah dan bertaruh nyawa,” ucap Dandim.

Seperti diketahui bersama, kata Dandim, bangsa Indonesia sangat luas, terdiri dari berbagai suku, agama, adat-istiadat dan juga budaya dibandingkan negara lain. Untuk itulah, Pancasila sebagai dasar negara menjadi pondasi dasar persatuan bangsa dengan mengedepankan bhineka tunggal ika.

“Jadikan Pancasila sebagai pandangan untuk mempedomani sosialisasi kita berbangsa dan mengembangkan Indonesia lebih maju. Jangan pernah melupakan sejarah, karenanya dari perjuangan jasa pahlawan terdahulu tersebut manfaatnya bisa kita rasakan sampai saat ini,” Tutup Dandim.

Reporter : Has/Dim


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x