x

Ucapkan Selamat, Yohanes Oci Sebut Wabup Manggarai Timur yang Baru Cukup Pengalaman

waktu baca 2 menit
Jumat, 23 Sep 2022 16:17 0 92 Redaksi Liputan 86

MANGGARAI, L86News.com – Yohanes Oci, praktisi asal Kabupaten Manggarai mengucapkan selamat atas terpilihnya Siprianus Habur sebagai Wakil Bupati Kabupaten Manggarai Timur untuk sisa masa jabatan periode 2019-2024. 

Menanggapi hal tersebut, Yohanes Oci menyebut Siprianus Habur mempunyai pengalaman sebagai anggota DPRD Kabupaten Manggarai dan Ketua DPC Partai. Itu modal yang baik untuk memahami persoalan di Kabupaten Manggarai Timur. 

“Ya, secara track record and  experience dalam hal berpolitik dan pemahaman terhadap  permasalahan yang terjadi di  Kabupaten Manggarai Timur selama ini pasti beliau pahami,” kata Yohanes Oci kepada awak media ketika dihubungi via telepon (23/09/2022). 

Lebih lanjut Yohanes Oci mengatakan, Kabupaten Manggarai Timur selalu menghadapi permasalahan yang sama sejak kabupaten ini pisah dari kabupaten induk yaitu Kabupaten Manggarai.

Permasalahan tersebut kata Oci, infrastruktur jalan banyak yang rusak. Bahkan masih ada kampung atau desa dan bahkan kecamatan yang terisolir karena belum ada akses jalan yang mamadai, termasuk juga infrastruktur kesehatan, pendidikan dan masih banyak lagi.

“Tentu persoalan yang selama ini terjadi sejak kabupaten ini misahkan diri dari Kabupaten Manggarai, infrastruktur jalan, kesehatan dan infrastruktur pendidikan menjadi problem dasar tingkat ekonomi masyarakat Manggarai Timur,” ucapnya. 

Contohnya, lanjut Oci, infrastruktur jalan merupaka akses utama lalu lintas ekonomi masyarakat. Sedangkan sarana, prasarana dan tenaga medis yang kompeten akan berpengaruh pada tingkat kesehatan masyarakat.

“Demikian pula infrastruktur pendidikan, ketersediaan sarana, prasarana dan tenaga pendidik yang mamadai sangat berpengaruh pada tingkat pola pikir dan ke cerdasan masyarakat yang berujung pada peningkatan perekonomian,” jelasnya. 

Namun, Oci mengingat kan untuk tidak berharap lebih dengan kehadiran Wakil Bupati baru tersebut. Karena pada akhir tahun 2022, 2023, dan 2024 memasuki tahun politik dan sudah pasti akan bekerja untuk kepentingan politik. 

“Kehadirannya tidak akan berdampak signifikan karena kita tahu di akhir tahun 2022, 2023 dan 2024 adalah tahun politik, sehingga kinerja mereka pasti terganggu dan lebih kepada kepentingan partai politik,” paparnya. 

Oci pun melihat sampai dengan saat ini dirinya belum melihat sosok kandidat yang berkompeten dan bervisioner untuk membangun Manggarai Timur ke depannya. 

“Silahkan saja cek alokasi anggaran APBD selama ini apakah memihak ke masyarakat atau tidak sehingga menjawab segala permasalahan yang terjadi, ya, gitu saja ya!,” pungkasnya.

Reporter : Bino Maot


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x