Babinsa Way Bungur Dampingi Pemeriksaan Hewan Ternak di Duga Bergejala PMK

waktu baca 1 menit
Kamis, 14 Jul 2022 14:26 0 85 Redaksi

LAMPUNG TIMUR, L86NEWS.COM -Dampingi UPTD Peternakan Way Bungur, Babinsa Koramil 429-02/Way Bungur Kodim 0429/Lamtim Serma Agus Susanto melaksanakan pemeriksaan hewan ternak di duga bergela virus Penyakit Mulut Dan Kuku (PMK), di Desa Toto Mulyo, Kecamatan Way Bungur, Kamis (14/72022).

Turut hadir, UPTD perternakan Kecamatan Way Bungur H. Suparno, Drh. Jamal, Insiminator hewan Desa Toto Mulyo Sunarto dan Kadus III Waluyo.

Sebanyak 7 ekor sapi mendapat pemeriksaan secara intensif terkait ada laporan bahwa hewan ternak tersebut terkena virus PMK.

Adapun hasil pemeriksaan yang dilakukan dari ke 7 sapi tersebut tidak terkena virus PMK, hanya tidak mau makan dan mulut berlendir akibat sapi demam dan nafsu makan berkurang, badan lemas perut kembung sehingga mengakibatkan keluar air liur.

Penyebab lain adalah komboran onggok ubi yang tidak dicampur dengan dedak dan sentrat, termasuk kurangnya kebersihan Kandang.

Sebagai upaya penyembuhan, UPTD Peternakan Way Bungur memberikan suntikan vitamin untuk menambah Imun sapi dan nafsu makan.

Reporter : Tarmuji

LAINNYA