x

Mantab, Demplot Tanaman Padi Milik Kodim 0725 Sragen Siap di Panen, Hasilnya Wuah..

waktu baca 2 menit
Sabtu, 9 Jul 2022 20:36 0 43 Tim Redaksi 1

SRAGEN, L86NEWS.COM – Guna mendukung program ketahanan pangan pemerintah, 3 bulan lalu Kodim Sragen membuat demplot tanaman padi.

Demplot atau Demontration Plot itu sendiri adalah metode penyuluhan pertanian yang di tujukan kepada petani dengan cara membuat lahan percontohan.

Upaya tersebut di lakukan agar para petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemontrasikan oleh Kodim Sragen. 

Hari ini, demplot padi genap berusia 3 bulan dan saatnya di panen. Lahan seluas 5000 meter itu milik Supriyono warga Dukuh Bendungan Desa Dawungan Masaran yang disewa Kodim Sragen.

Padi yang ditanam adalah jenis Inpari 32. Keunggulan jenis ini adalah hasil panen lebih tinggi dibanding varietas lain dan tahan penyakit Hawar Daun Bakteri (HDB). 

Dandim 0725/Sragen Letkol Inf Yoga Yastinanda, S.I.P mengatakan, program ke tahanan pangan penanaman padi oleh Kodim telah di laku kan 3 bulan lalu di lahan demplot seluas 5.000 meter. 

Salah satu tugas TNI AD adalah melaksana kan pemberdayaan wilayah di darat membantu pemerintah menyiapkan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan negara melalui Binter.

Dengan metode pembinaan ketahanan wilayah dengan mewujudkan kekuatan pertahanan aspek darat, baik yang menyangkut wilayah pertahanan maupun kekuatan pendukung.

Tujuannya guna menangkal setiap ancaman, gangguan yang membahaya kan kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI serta menyiap kan potensi sumber daya alam dan buatan khususnya ketahanan pangan wilayah.

“Pada tahun ini Kodim 0725/Sragen tidak hanya membuat demplot, tapi juga membuat KRPL hidroponik. Untuk mewujudkan itu, tentu tidak bisa sendiri,” ujar Dandim di lokasi, Sabtu, (9/7/2022).

Dalam hal ini, lanjut Dandim, Kodim bersinergi dengan dinas pertanian dan instansi terkait serta kelompok tani di wilayah setempat.

Mengakhiri sambutannya Letkol Yoga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atas terlaksana nya demplot ketahanan pangan Kodim Sragen.

Acata di akahiri dengan pemotongan padi secara simbolis oleh Dandim, Camat Masaran, Kapolsek, Tokoh Masyarakat Dawungan dan Pemilik lahan.

Reporter : Agus Kemplu


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x

Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca