x

Konsep Jitu Polres Rohul  Cegah Penyebaran Virus PMK Hewan Ternak

waktu baca 2 menit
Sabtu, 9 Jul 2022 20:31 0 61 Redaksi Liputan 86

ROKAN HULU, L86NEWS.COM – Polri nyatakan telah meng aktifkan upaya mitigasi cegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) hewan ternak dengan melakukan lockdown, penyekatan dan patroli mobile

Kapokres Rokan Hulu (Rohul) di dampingi Kasusbsi Humas AIPDA Mardiono Pasda SH, menjelas kan, lockdown, penyekatan dan patroli mobile dilakukan sebagai upaya Biosecurity untuk mencegah penyebaran PMK.

“Mitigasi penyebaran virus PMK di wilayah hukum Polres Rohul dilakukan dengan cara lockdown lokal. Tujuan nya untuk menghentikan sementara mobilitas angkutan ternak ke luar wilayah atau biosecurity,” kata Kapolres, Sabtu (9/7/2022).

Upaya penyekatan, mobile patroli dan penyemprotan di titik terindikasi sebaran Virus PMK itu, menurut Kapolres di lakukan bersama TNI, Dinas Peternakan dan Perkebunan, Dinas Perhubungan serta Personil Sat Pol PP.

“Kita terus bersinergi dan berkolaborasi dengan Dinas Peternakan, vaksinasi dengan memberikan disinfektan atau obat-obat pembunuh virus,” terang Kapolres.

Tak hanya itu, pihaknya juga aktif membantu Pemda Rohul untuk melakukan patroli dan melakukan pengawasan terhadap aktivitas keluar masuk hewan ternak dari satu wilayah ke wilayah lain.

“Kita patroli terpadu di tingkat kecamatan dan Polsek, Kemudian sentra-sentra peternak sapi dengan terus memberikan himbauan,” ungkapnya.

“Kemudian mengedukasi kepada masyarakat untuk tenang dan memisahkan ternak yang sakit atau suspek PMK dan Dinas Peternakan akan memberikan obat atau  vaksin,” ucap Dedi.

Melakukan pengawasan di pos keluar masuk hewan seperti di perbatasan Sumut – Tambusai Utara, Sumut – Tambusai, Sumut – Bangun Purba dan perbatasan Kabupaten Bengkalis – Bonaidarussam.

“Selain itu, Perbatasan Sumbar dengan Pendalian IV Koto dan Rokan IV Koto, Perbatasan Kabupaten Kampar dengan Tandun dan Perbatasan Kampar dengan Kabun,” pungkas Kapolres

Reporter : Bg/Hum


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x