x

Kasus Meme Stupa Candi Borobudur Mirip Jokowi Naik ke Tahap Penyidikan

waktu baca 2 menit
Selasa, 28 Jun 2022 22:06 0 71 Redaksi Liputan 86

JAKARTA, L8YNEWS.COM – Kasus unggahan meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi) kini telah naik ke tahap penyidikan. 

Demikian di jelaskan Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (28/6/2022).

Menurutnya, unggahan yang sempat viral itu di unggah ulang oleh Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo dalam akun Twitternya @KRMTRoySUryo2.

“Statusnya dari proses penyelidikan nya sudah di lakukan dan di tingkatkan ke penyidikan,” kata Dedi, Selasa siang (28/6).

Dedi menyebutkan, perkara tersebut akan ditangani di Polda Metro Jaya.

Pasalnya, laporan yang di terima pihak Bareskrim terkait unggahan yang dibuat Roy Suryo itu telah dilimpahkan ke Polda Metro Jaya.

Dalam kasus ini pun, pihak Bareskrim telah memeriksa sejumlah saksi ahli.

“Tadi malam berkas perkara yang di tangani Bareskrim sudah dilimpahkan ke Polda Metro. Jadi Polda Metro yang akan menangani laporan perkara RS (Roy Suryo),” tambahnya.

Terpisah, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan menjelaskan, Roy Suryo sebelumnya dilaporkan oleh Ketua DPP Dharmapala Nusantara, Kevin Wuu pada 20 Juni 2022.

Laporan tersebut terkait unggahan meme patung Sang Buddha di Candi Borobudur yang di edit menjadi mirip wajah Presiden RI Joko Widodo.

Unggahan itu dinilai telah melecehkan simbol agama Buddha.

“Laporan yang dilaporkan di Bareskrim pada 20 Juni 2022 terhitung hari ini telah di limpah kan Polda Metro Jaya,” ujar Zulpan.

Kevin Wuu melaporkan pemilik akun twitter @KRMTRoySUryo2. Kevin menduga pemilik akun Twitter @KRMTRoySUryo2 telah melakukan tindak pidana ujaran kebencian berdasarkan Sara dan atau penistaan agama Buddha.

Atas pelanggaran itu, Roy Suryo di duga melanggar Pasal 45 A (2) jo Pasal 28 Ayat 2 Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE dan/atau Pasal 156a KUHP.

Reporter : Bg86


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x