Tingkatkan SDM, Dinas PUPR Mesuji Gelar Pelatihan Tenaga Terampil di Bidang Kontruksi

waktu baca 2 menit
Selasa, 24 Mei 2022 20:59 0 70 Redaksi

MESUJI, L86NEWS.COM – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mesuji menggelar pelatihan tenaga terampil konstruksi tahun anggaran 2022 di dinasnya. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Emersia Bandar Lampung ini di rencakan selama dua hari kedepan, Selasa (24/5/2022)

Hadir dalam pembukaan acara tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mesuji, Syamsudin, Kepala Dinas PUTR Ridwan Julkifli, Sekretaris Dinas PUPR, para Kabid, Narasumber dari Ikatan Instruktur, Asesor Pelatihan Kontruksi Indonesia dan 49 orang peserta pelatihan.

Mewakili PJ Bupati Mesuji Sulpakar, dalam sambutan nya, Sekda Syamsudin mengucap kan terima kasih kepada Ikatan Instruksi dan Asesor Pelatihan Konstruksi Indonesia yang telah bersedia memberikan ilmu mengenai Keterampilan di bidang konstruksi kepada tenaga terampil konstruksi Dinas PUPR Kabupaten Mesuji.

Ia juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggara nya kegiatan tersebut karena menurut nya  infrastruktur merupakan salah satu program unggulan dalam mendukung pembangunan ekonomi masyarakat.

“Saat ini sektor konstruksi menghadapi isu yang perlu di respon serius yaitu terkait rendahnya kualitas pekerjaan konstruksi. Kondisi ini di tandai dengan hasil pekerjaan cepat rusak dan muncul nya kasus kecelakaan konstruksi dan kegagalan bangunan,” ujar Sekda.

Oleh sebab itu, lanjutnya, di butuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompeten. Karena ini merupakan modal utama di sektor konstruksi di samping teknologi, kapital, material dan modal usaha. 

“Efisiensi dan kualitas infrastruktur sangat bergantung pada kehandalan kompetensi SDM nya, oleh karena nya, peningkatan kapasitas tenaga terampil merupakan suatu keharusan untuk menjamin tidak terjadi nya kegagalan bangunan dan konstruksi,” ucap Syamsudin.

Sebelum resmi membuka pelatihan, Syamsudin minta peserta agar mengikuti pelatihan dengan sungguh sungguh agar ilmu yang di transfer nara sumber dapat di terima dengan baik dan menambah kapasitas serta ilmu kontruksi sehingga dapat di terapkan dan bermanfaat bagi masyarakat umum dan diri sendiri.

“Dengan memohon ridho Allah SWT dan dengan mengucap Bismillahirrohmanirohim, pelatihan tenaga terampil konstruksi Dinas PUPR tahun anggaran 2022, secara resmi saya nyatakan di buka,” pungkas Syamsudin di sambut aplus para peserta dan narasumber. 

Reporter : Riken

LAINNYA