x

Tekan Faham Radikalisme, Fraksi PDI Perjuangan Edukasi Generasi Milenial 

waktu baca 3 menit
Minggu, 22 Mei 2022 08:05 0 70 Redaksi Liputan 86

LAMPUNG TENGAH, L86NEWS.COM – Kampung Darma Agung, Kecamatan Seputih Mataram, Lampung Tengah menjadi daerah di gelar nya kegiatan sosialisasi  Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan oleh anggota DPRD Provinsi Lampung Komisi IV dari fraksi PDI Perjuangan, Ni Ketut Dewi Nadi ST.

“Tentunya ini sudah menjadi kewajiban kita memberikan edukasi dan pembelajaran dalam konteks menjaga Idelogi Pancasila,” ujarnya usai kegiatan IPWK di Lampung Tengah, Sabtu (21/5/2022).

Tujuan di gelarnya kegiatan itu, menurutnya sebagai upaya meminimalisir dan menekan adanya paham radikalisme yang sifatnya dapat menimbulkan arogansi berbahaya terhadap kesatuan bangsa.

“Ini penting di sosialisasi kan agar generasi millenial mengetahui secara pasti seperti apa jati diri bangsa karena dari kita hidup itu berawal dari perjuangan sehingga generasi muda harus tangguh dan tahan terhadap paham-paham radikalisme,” ungkap Dewi.

Wakil Bendahara DPW PDI Perjuangan Provinsi Lampung ini menekan kan ke generasi muda agar dapat mengenal lebih dalam soal perjuangan kemerdekaan Indonesia, terkhusus di Lampung Tengah dengan harapan kesatuan dan persatuan mampu diperkokoh sebagai bagian dari landasan penerus bangsa.

“Dalam hal ini, peranan pemerintah daerah sebagai pemangku kepentingan terlebih juga para legislatif menjadi sangat penting agar sosialiasi ini dapat di laksana kan dan di di sampai kan ke para generasi millenial disini,” ucapnya.

Lebih lanjut, Dewi Nadi juga mewanti wanti masyarakat, terutama para generasi muda agar tidak mudah terhasut atau termakan oleh paham radikalisme.

“Tidak bisa kita pungkiri, bahwa paham radikalisme ini sudah ada di Lampung, bahkan juga di Lampung Tengah. Maka warga khusus nya para generasi muda perlu di edukasi,” pungkas politisi PDI Perjuangan Dapil 7 ini.

Hal sama juga di sampaikan I Komang Koheri SE Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Komisi VIII selaku Narsum. Menurut nya, wawasan kebangsaan adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenal jati diri dan idelogi yang meliputi pola pikir, sikap, dan tindakan sesuai Pancasila dan UUD 1945.

“Untuk itu, modal dasar dalam membangun negara maju dan berkembang itu harus memperkuat pembinaan ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan. Karena tanpa adanya rasa cinta tanah air pasti tidak akan ada keinginan untuk memajukan bangsa ini,” paparnya.

Dijelaskannya, wawasan kebangsaaan juga diperkuat atau ditopang dengan empat pilar yakni, Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Dengan kegiatan IPWK diharapkan khususnya generasi yang hadir pada kesempatan ini mempunyai rasa cinta terhadap bangsa dan bernegara dan turut semangat untuk saling melindungi satu sama lain,” ucapnya.

Di tempat yang sama Kapolsek Seputih Mataram Iptu Yudi Kurniawan selaku nara sumber kedua menyampai kan, di dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang pembentu kan peraturan perundangan-undangan di pasal 2 telah dijelaskan bahwa Pancasila merupakan dasar atau lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Jadi, disana sudah di sebut kan dasar negara kita. Kemudian, keberadaan UUD 1945 juga sudah ada dasar nya. Tujuan pelaksanaan ini, kami berupaya menjaga agar negara kita ini khususnya di Lampung Tengah tidak mudah disusupi oleh paham-paham radikalisme,” tutupnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Kompol Denis Arya Putra,Kepala Kampung Darma Agung Kadek Sucandra,Tokoh agama ,adat,masyarakat dan Gannas (Gerakan Anti Narkoba Nasional) dan Karang taruna.

Reporter : F86


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x