x

Fakta Baru Soal BBM, Kapolri Tegaskan Sudah Tangkap 19 Tersangka di 6 Wilayah

waktu baca 2 menit
Sabtu, 9 Apr 2022 14:16 0 49 Redaksi Liputan86

JAKARTA, L86NEWS.COM – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkap fakta baru mengenai penyalah gunaan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Ia menyatakan bahwa jajaran Polri telah menangkap 19 pelaku penyalahgunaan BBM di enam wilayah di tanah air. 

“19 tersangka di enam wilayah,” kata Kapolri Jenderal Listyo saat konferensi pers di Mabes Polri, Jumat (8/4/2022).

Penangkapan tersebut merupakan upaya penegakan hukum oleh Polri dalam rangka menjaga ketersediaan dan pasokan BBM agar tetap aman di masyarakat selama Ramadhan dan menjelang  Lebaran 2022. 

Jenderal Listyo juga mengungkap kan bahwa fenomena kelangkaan BBM terjadi karena beberapa faktor.

Di antaranya adalah dampak global akibat perang geopolitik Ukraina dan Rusia yang mengganggu ketersediaan minyak dan gas dunia seluruh negara.

Kemudian terjadinya disparitas harga antara solar bersubsidi dengan solar untuk industri yang memiliki perbandingan harga sebesar Rp 12.500 membawa dampak yang besar.

Pasalnya, ungkap Listyo, hal tersebut menyebabkan terjadinya penurunan kebutuhan solar industri dan meningkat nya kebutuhan solar subsidi.

Hal tersebut kemudian memicu terjadinya penyalah gunaan di lapangan oleh kelompok masyarakat tertentu atau spekulan yang memanfaat kan guna mengambil kebutuhan minyak atau solar untuk industri di ambil dari SPBU bersubsidi.

Jenderal Listyo menyatakan kondisi ini akan menimbulkan masalah dan semakin menambah beban pemerintah.

Jenderal Listyo menyampai kan hal tersebut usai rapat koordinasi bersama Wakil Menteri BUMN Pahala Nugraha Mansury dan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati di Mabes Polri, Jumat (8/4/2022).

Pemerintah pastikan BBM Cukup di Bulan RamadhanAdapun Wakil Menteri BUMN Pahala Nugraha Mansury, turut memberikan komentar mengenai ketersediaan BBM di Indonesia.

Ia memastikan stok BBM Indonesia cukup untuk mengantisipasi adanya mobilitas masyarakat yang akan meningkat pada libur Lebaran 2022. 

“Sudah memastikan adanya ketersediaan stok,” kata Pahala. 

Pahala mengungkap kan pemerintah melakukan berbagai upaya memasti kan ketersediaan BBM di masyarakat aman.

Yakni dengan turun langsung mengecek ketersediaan BBM hingga penegakan hukum kepada pihak-pihak yang melanggar aturan.
 Selain itu, pemerintah juga akan menambah jumlah stok di masing-masing wilayah.

Sementara, Nicke Widyawati menambahkan pihaknya memastikan ketersediaan BBM di bulan Ramadhan. Untuk itu, pihaknya telah menyiapkan beberapa infrastruktur pendukung.

Yakni 220 unit motoris (pengisi BBM) mobile, penambahan mobile dispenser, yaitu mobil tangki yang ditambah dengan flowmeter sebanyak 144 unit. 

Selain itu, ada SPBU temporary sebanyak 37 unit di jalan-jalan tertentu untuk memecah antrian.

Sumber : Stv/Hsb/nesiatimes

LAINNYA
x
x