x

Suasana Haru Mewarnai Penyerahan Rumah Layak Huni Korban Kebakaran

waktu baca 3 menit
Minggu, 27 Mar 2022 22:45 0 68 Redaksi Liputan86

LAMPUNG TIMUR, L86NEWS.COM – Meski di tengah cuaca terik menyengat, suasana haru masih menyelimuti penyerahan rumah layak huni ke Rasikin korban rumah kebakaran di Desa Pakuan Aji, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Lampung Timur, Minggu (27/03/2022).

Selaku Kades Pakuan Aji, Tan Malaka mewakili korban kebakaran mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat dan Komunitas Sosial Peduli Lampung (KSPL) atas bantuannya hingga Rasikin bisa memiliki rumah baru dan layak huni.

“Selaku kepala desa saya mengucapkan terimakasih ke seluruh warga dan KSPL. Kita sama sama ketahui saudara kita bapak Rasikin kena musibah. Untung tidak bisa di raih, rugi juga tidak bisa di tolak. Rumah beliau habis terbakar. Tentu nya hati kita tersentuh,” ujarnya.

Ia pun langsung mengambil langkah cepat membantu korban usai kejadian. “Saya langsung mengumpulkan perangkat saya untuk memusawarahkan masalah ini, dan alhamdulillah dari kami terkumpul uang 4 juta 850 ribu rupiah,” ucapnya.

Kemudian, lanjutnya, dari warga lingkungan sekitar terkumpul dana sekitar Rp 9 juta. Di tambah dari warga yang lain dan beberapa donatur, terkumpul dana sekitar Rp 18 juta. Dengan dana itu ia menghubungi KSPL untuk mewujudkan rumah bagi korban.

“Karena kebetulan saya juga termasuk donatur di komonitas itu, dan alhamdulillah berkat kerja keras tim bedah rumah KSPL akhirnya bisa terwujud rumah layak huni untuk saudara kita Rasikin,” ungkapnya.

“Saya ucapkan terimakasih. Mewakili bapak Rasikin dan keluarga, saya menerima rumah ini dengan senang hati. Dan inilah upaya kita bersama membantu membangun kembali rumah warga yang sudah hangus terbakar. Alhamdulillah rumahnya sudah 100 jadi,” pungkasnya

Ucapan terima kasih juga di sampaikan Sekcam Sukadana mewakili Camat yang berhalangan hadir. “Terima kasih saya ucapkan ke semua pihak yang telah membantu korban. Terkhusus apresiasi tinggi saya sampaikan ke Pak Tan Malaka dan KSPL,” ucapnya.

Berdasar keterangan Daroji sesepuh KSPL, komunitas itu awalnya adalah komunitas motor trail. Namun lantaran banyak usulan dari anggota, pada bulan 10 tahun 2017 terbentuklah komunitas KSLP. 

“Dari sejak berdirinya, KSPL ini sudah membangun 34 rumah layak huni bagi warga kurang mampu. Awalnya kami patungan, dan selalu melibatkan kepala desa, perangkat dan menggalang dana lewat sosial media,” jelasnya.

“KSPL ini hanya sebagai jembatan saja, berkat kerja keras dan kepedulian seluruh anggota serta tim bedah rumah, di bantu pak lurah Tan, Alhamdulillah kami bisa mewujudkan rumah layak huni untuk pak Rasikin,” tambah Daroji.

Apresiasi kepada Kades Sukadana dan KSPL juga datang dari Amir Faisol Ketua LMP Lampung Timur yang juga turut menjadi saksi penyerahan rumah layak huni ke pada korban kebakaran.

“KSPL ini kan kelompok sosial yang seharusnya mendapat pembinaan dari Pemerintah Kabupaten Lampung Timur melalui Dinas Sosial, Karena mereka terbukti sudah banyak membantu masyarakat,” tandasnya.

Bahkan, sambung Amir Faisol, dirinya sudah mendengar dari pengurus KSPL bahwa pihak KSPL sudah membangun 34 rumah. Begitu juga dengan Kades Pakuan Aji, kata Amir sudah 100 rumah layak huni di bangun Kades untuk warga kurang mampu di desanya.

“Ini wajib di contoh oleh 264 desa lain di Lampung Timur. Saya berharap giat sosial KSPL ini bisa mendapat perhatian dari pemerintah. Kami akan berdiskusi dengan Dinas Sosial agar KSPL mendapat perhatian,” pungkasnya.

Reporter : Rajax


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

LAINNYA
x
x