x

Tumbuhkan Generasi Agamis dan Nasionalis, Bupati Mesuji Letakkan Batu Asrama Santri

waktu baca 2 menit
Kamis, 10 Feb 2022 14:53 0 140 Redaksi Liputan 86

MESUJI, L86NEWS.COM – Bupati Mesuji, H Saply TH secara resmi meletakkan batu pertama Pembangunan Asrama Pondok Pesantren Lirboyo Cabang Mesuji di Desa Mukti Karya, Kecamatan Panca Jaya, Kabupaten Mesuji, Kamis,(10/02/22).

“Saya sangat mengapresiasi Pimpinan Pondok Pesantren Lirboyo 16 atas upayanya mendirikan sekolah berbasis keagamaan di Kabupaten Mesuji. Karena pada prinsip nya telah membantu pemerintah dalam meningkat kan pendidikan di bidang keagamaan,” ujar bupati.

Namun, lanjut Bupati Saply, pihaknya perlu mengingatkan bahwa pendalaman agama harus disertai jiwa cinta tanah air. “Sehingga akan tercipta generasi muda Islami yang nasionalis,” kata bupati dalam sambutannya.

Menurutnya, pendidikan agama merupakan bagian tak terpisahkan dari pembangunan nasional. Oleh karenanya, antara pemerintah daerah, organisasi keagamaan, kemasyarakatan, lembaga pendidikan, dan swasta harus saling bahu membahu. 

“Untuk itu, keberadaan asrama santri atau Ponpes Lirboyo 16 Cabang Mesuji ini diharapkan mampu meningkatkan pembangunan khususnya di bidang keagamaan dan kemasyarakatan. Sehingga pengetahuan masyarakat dapat terus berkembang sesuai kemajuan zaman,” tukasnya.

Di jelaskan bupati, keberadaan Ponpes di Kabupaten Mesuji sangat penting guna membangun dan mendidik generasi muda bernafaskan Islam agar memiliki iman, ilmu, dan akhlak yang baik sebagai bekal pembangunan di Kabupaten Mesuji.

Mengingat generasi muda adalah penerus roda pemerintahan di masa mendatang. Dan melalui akhlak yang baik, ia yakin pembangunan di Kabupaten Mesuji akan terus meningkat dari tahun ke tahun dan mampu bersaing dengan kabupaten lainya.

Akan tetapi, masih kata bupati, untuk mencapai hal tersebut, diperlukan prasarana yang baik untuk menunjang pendidikan di Ponpes Lirboyo. Salah satunya adalah dengan pembangunan gedung asrama santri yang layak memadai guna menunjang proses belajar dan mengajar.

“Mari kita sama-sama saksi kan peletakkan batu pertama pembangunan gedung asrama santri ini. Saya harap keberadaan gedung dapat di jadikan prasarana penunjang siswa agar lebih nyaman dan produktif sehingga terwujud generasi muda yang Islamis dan berjiwa nasionalis,” harapnya. 

Hal senada juga di sampaikan Kiyai Nurfako Pengasuh Ponpes Lirboyo Mesuji. Dalam sambutannya, Ia mengucap kan terimakasih kepada bupati dan jajaran Pemkab Mesuji atas bantuan dan terlaksananya peletakan batu pertama pembangunan asrama santri.

“Kami berharap kedepan asrama yang di bangun ini dapat meningkatkan mutu pendidikan agama para santri di Pondok Pesantren Lirboyo Cabang Mesuji,” pungkasnya.

Turut hadir, Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji, Camat Panca Jaya, Kyai Muhammad Nurfako Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo Cabang Mesuji, Kepala Desa se Kecamatan Panca Jaya, para tokoh dan warga setempat.

Reporter : Riken


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x