Ciptakan Kemandirian Pangan, Ikam Lamtim Ajarkan Budidaya Aquaponik di Pelidung Jaya 

waktu baca 2 menit
Selasa, 8 Feb 2022 22:58 0 129 Redaksi

LAMPUNG TIMUR, L86NEWS.COM – Ikatan Mahasiswa (Ikam) Lampung Timur (Lamtim) menciptakan kemandirian pangan melalui kegiatan Bina Desa di Desa Pelindung Jaya, Kecamatan Gunung Pelindung, kabupaten setempat, Selasa (8/2/22)

Ketua Pelaksana Ikam Lamtim, Kevin Kurniawan Wijaya menjelaskan, kegiatan bina desa yang di helat dari tanggal 5-6 Pembruari 2022 itu, dilakukan sesuai program kerja Departemen Sosial guna menuju desa madani. 

“Lewat bina desa ini di harapkan mahasiswa dapat membantu masyarakat untuk mengembangkan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia di desa tempat Kuliah Kerja Nyata (KKN),” ungkap Kevin.

Menurutnya, giat yang ia ketuai itu dibuka oleh Bupati melalui Kadisdikbud Lampung Timur dan di hadiri Sekcam, Kades, Gapoktan, Kepala KWT, Dosen Polinela, Kades, Kadus dan para peserta dari warga Desa Gunung Pelindung.

“Bina Desa bertema mencipta kan kemandirian pangan melalui inovasi budidaya aquaponik ini, bertujuan agar lahan nganggur seputar rumah dapat di manfaatkan dan bisa mengurangi uang belanja warga,” jelasnya. 

Pantauan di lokasi, giat bina desa tersebut, sebanyak 70 anggota Ikam Lamti terlibat. Mereka menargetkan 1000 bibit sayuran dan menarget kan budidaya 600 ekor bibit ikan Lele.

M. Nur Alfan salah satu anggota Ikam Lamtim menjelaskan, latar belakang giat bina desa berawal dari banyaknya pekarangan atau lahan warga yang kosong, sekaligus mengenalkan inovasi baru terkait budidaya perikanan kolam pekarangan. 

Dengan semakin berkembang nya zaman, masyarakat harus bisa berjalan beriringan untuk terus bergerak maju. “Inilah yang mendorong Ikatan Mahasiswa Lampung Timur mengadakan kegiatan,” tandasnya.

Selain hal tersebut, lanjut M. Nur, lebih penting dan utama adalah dari kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat bagi diri sendiri, sekitar dan masyarakat setempat. “Karna sebaik baik baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain,” pungkasnya 

Reporter : Am86

LAINNYA