x

Tahun 2022, 48 Kampung di Lampung Tengah Rencananya Akan Menggelar Pilkakam

waktu baca 2 menit
Selasa, 28 Des 2021 23:50 0 113 Tim Redaksi 1

LAMPUNG TENGAH, L86NEWS.COM – Kabupaten Lampung Tengah, yang diketahui terdiri dari 28 Kecamatan, 10 kelurahan, dan 301 desa. Pada tahun 2022 mendatang di rencanakan akan melakukan Pemilihan Kepala Kampung (PilKakam) secara serentak di 48 Kampung.

Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat Kampung (PMK) Kabupaten Lampung Tengah, Fathul Arifin, menerangkan “Itu masih dalam perencanaan kita, untuk waktu pastinya kita belum tau, karena tergantung dari Bapak Bupati, dan kita belum melaporkan terkait hal itu,” kata Fathul kepada awak media, Selasa (28/12).

Menurutnya, ada sekitar 84 Kampung yang akan melaksanakan Pilkakam, di tahun 2022 dari 27 kecamatan se-kabupaten Lampung Tengah, hanya satu Kecamatan yang tidak melaksanakan Pilkakam, yaitu kecamatan Sendang Agung.

“Dimana pada bulan April 2022 ada sekitar 72 Kampung yang habis masa jabatannya. Untuk itu waktu pelaksanaan Pilkakam akan kita lakukan secara serentak, dan 12 Kampung yang masa jabatannya telah habis, saat ini di jabat oleh PJ dari Kecamatan masing-masing,” ujarnya.

Fathul Arifin, juga mengatakan bahwa, pihaknya telah mengadakan rakor bersama Sekdakab terkait hal itu, tetapi bukan membahas waktu pelaksanaan Pilkakam, melainkan pihaknya bersama OPD terkait membahas terkait anggaran, dan perencanaan pengadaan barang dan jasa untuk pelaksanaan Pilkakam di tahun 2022 mendatang tersebut.

“Rakor kemarin bersama Sekda, dan OPD terkait, kita membahas anggaran dan pengadaan barang dan jasa untuk pelaksanaan Pilkakam, dimana sesuai dengan aturan dan UU yang berlaku, dalam jangka waktu 6 tahun, Pilkakam hanya bisa dilakukan 3 kali pemilihan,” terangnya.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan, pihaknya sementara untuk program yang akan dan telah berjalan di Kampung yang ada di Kabupaten Lampung Tengah, adalah Program E-Samdes dan Smart Vilage, (Kampung Cerdas) yang saat ini sudah berjalan di 31 Kampung yang ada di Kabupaten Lamteng, yang menjadi lokus Pemprov. Lampung, baik dalam hal pelayanan, maupun dalam hal pendataan dan lain-lain.

“Kita menargetkan di tahun 2022 sekitar 150 Kampung, atau sekitar 50% dari jumlah Kampung yang ada di Kabupaten Lampung Tengah, sudah menerapkan program E-Samdes dan Smart Vilage, di wilayahnya masing-masing,” harapnya.

Reporter : FNR


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x

Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca